Asal-usul Sambel Terasi - awanbyru.com

Januari 22, 2024

Asal-usul Sambel Terasi





Nusantara baru mengenal tanaman cabai pada abad ke 15, Cabai dibawa masuk ke Nusantara oleh Armada laut Portugis yang pertama kali masuk melalui Malaka di tahun 1511.

Jauh sebelum itu masyarakat Nusantara belum mengenal cabai. Namun sambel sudah dikenal, dengan bahan dari rempah dan cabe Jawa (piper retrofractum)

Di sebuah padepokan bela diri yang terletak di utara alas Dadapan, tinggalah Sekar Rawit, gadis muda yang menimba ilmu kanuragan pada Mbah Suro.

Dia satu-satunya perempuan di padepokan itu, Sekar Rawit seringkali diledek teman-teman seperguruan karena tidak bisa membikin sambel.

Meskipun sambel buatannya tidak enak, namun ilmu bela diri tangan kosong Sekar Rawit sudah mumpuni, senjata utamanya adalah kain selendang berwarna biru.

Tersiar kabar bahwa di timur alas Dadapan, di sebuah desa bernama Dadukawu, ada seorang pembuat sambel yang sangat enak. Dia baru saja pulang dari berkelana melintasi samudra dengan kapal Djung besar.

Sekar Rawit tanpa pikir panjang memutuskan untuk pergi ke Desa Dudakawu untuk menemui pembuat sambel tersebut.

Malam itu sangat suram, bulan berwarna merah darah, Sekar Rawit terkejut melihat di Desa Dudakawu sedang terjadi kerusuhan besar. Orang-orang saling serang dan beberapa rumah mulai terbakar.

Sekar Rawit langsung terjun ke arah pertempuran. Satu-persatu mereka dilumpuhkan. Selendangnya memyambar-nyambar, pukulan dan tendangannya menjatuhkan banyak orang.

Dari satu orang yang berhasil dilumpuhkannya, Sekar Rawit mendapat informasi rumah pembuat sambel tersebut

Rumah itu mulai terbakar hebat, Sekar Rawit mempercepat serangannya untuk melumpuhkan orang-orang yang saling berkelahi memperebutkan kitab pusaka sambel.

Akhirnya semua orang berhasil dilumpuhkan. Sekar Rawit bergegas memasuki rumah yang terbakar. Di dalam rumah, ia menemukan sebuah kitab tergeletak di atas meja.

Sekar Rawit memastikan dengan cepat bahwa itulah kitab yang dia cari, segera ia berlari menerobos jendela rumah yang terbakar. Dia terus berlari kencang menuju padepokan.

Dari kitab tersebut. Ia mulai meracik bahan-bahan untuk membuat sambel yang enak.

Begitulah asal-usul sambel terasi tercipta, tentunya tidak harus dipercaya karena ini hanyalah sekedar usul yang asal. 

Video: 🎥putar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar