Kuda - awanbyru.com

Februari 13, 2024

Kuda

 

      Dalam permainan catur, kuda adalah bidak yang paling istimewa. Ketika semua bidak berjalan lurus dalam garis, kuda memiliki langkahnya sendiri. Bahkan kuda mampu melangkah melewati barikade teman ataupun lawan, sesuatu yang tidak bisa dilakukan raja, mentri, gajah, benteng dan pion. 

       Oleh karena hal itu, sejak dulu, saat main catur saya selalu mempertahankan kuda yang saya miliki sampai permainan berakhir. Tak akan saya biarkan kuda saya dimakan percuma, karena kuda adalah kunci. 

       Langkah kuda yang tak terduga seringkali bisa menjadi senjata yang menguntungkan untuk mencuri kelengahan lawan. Pun demikian di saat bertahan, kuda mampu secara tiba-tiba membalikkan arah perminan dengan langkah-langkahnya yang sering tidak terdeteksi radar lawan. 

       Saat benar-benar terdesak, bidak-bidak lain telah menjadi santapan lawan, jurus terakhir yang saya gunakan adalah menarik kuda mendekat kepada raja. Bila skak mat itu tiba, saya naikkan raja ke punggung kuda untuk melangkah kabur menghindarkan raja dari kematian. 

----hampir tamat----






Tidak ada komentar:

Posting Komentar