Menentukan Pilihan - awanbyru.com

Mei 21, 2024

Menentukan Pilihan



Masih lekat di ingatan saya, beberapa bulan lalu banyak orang ribut perihal layakkah gambar AI disebut sebagai sebuah karya? Beberapa teman juga sempat menanyakan hal itu kepada saya. Saat itu saya tidak perlu berpikir panjang untuk menjawabnya, jika memang suka lakukan, asal tidak merugikan buat yang lain.

Bagi saya membuat "prompt" untuk membuat sebuah gambar AI adalah sebuah seni menentukan pilihan kata yang tepat guna menghasilkan gambar. Agak berlebihan memang. Sederhananya membuat "prompt" merupakan sebuah proses mengasah kreatifitas. Dan ini menjadi tidak sederhana lagi ketika saya menyadari bahwa kreatifitas itu sangatlah penting untuk menghadapi situasi sulit atau pun pilihan rumit di dalam menjalani hidup. 

Anda boleh tidak percaya kepada saya, namun saya yakin dalam perjalanan hidup, anda pasti pernah dan akan bertemu dengan situasi rumit yang bersifat kritis yang memerlukan tindakan yang cepat, tepat dan akurat. Tindakan ini tidak akan cukup dilakukan hanya dengan mengandalkan logika saja, kreatifitas akan sangat berperan dalam melakukan tindakan cepat, tepat dan akurat tersebut. 

Berkali-kali saya seringkali melihat orang terlatih pun masih bisa keliru dalam menentukan sebuah pilihan yang sulit. Karena ternyata apa yang mereka hadapi memiliki elemen kejutan yang belum pernah mereka latih sebelumnya. Kepanikan mematikan nalar, tindakan yang seharusnya didahulukan kemudian dikesampingkan. Disinilah peran kreatifitas itu diperlukan, manakala kejutan-kejutan muncul di luar perkiraan. Mereka yang sering mengasah kreatifitas lah yang memiliki peluang terbesar untuk dapat melakukan pilihan tindakan yang cepat, tepat dan akurat di saat situasi rumit dengan pilihan yang sulit. 

Mungkin saat ini anda merasa membuat "prompt" adalah sebuah kesia-siaan karena tidak menghasilkan apa pun. Itu salah, teruslah berkreasi, asah kreatifitas yang anda miliki, kelak saat anda bertemu dengan pilihan sulit di situasi yang rumit, anda akan dapat dengan cepat, tepat dan akurat menentukan pilihan dan menyelesaikannya. 

Bayangkan jika anda adalah sosok berkepala sempoa seperti yang ada di dalam gambar. Apa yang akan anda lakukan jika menemui seseorang yang sangat membutuhkan pertolongan anda saat itu juga, sedangkan di depan mata anda ada begitu berlimpah pundi-pundi kekayaan yang bisa saja hilang dari jangkauan anda dalam sekejap? 
Tidak perlu dijawab, kelak bila anda bertemu dengan situasi semacam ini, barulah anda akan teringat dengan saya. 

Credit:
Terima kasih untuk Nia Mansi atas pandangan artistiknya yang menyarankan saya mengganti kalkulator dengan sempoa. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar