In Memoriam Dawax (Anton Sahetapy) - awanbyru.com

Desember 14, 2020

In Memoriam Dawax (Anton Sahetapy)


       Baru saja saja saya menerima telepon dari nomor hpnya Dawax, namun suara yang keluar dari seberang sana adalah suara seorang perempuan yang memperkenalkan diri sebagai Ibu dari Anton Sahetapy yang lebih dikenal sebagai Dawax. 

      Ibu Anton meminta saya untuk mengabarkan ini kepada teman dan rekan-rekan Dawax semuanya, bahwa kawan kita Anton Sahetapy telah meninggal dunia pada tanggal 22 November 2020, dikarenakan sakit.

       Pada 11 Oktober 2020, Dawax sempat bercerita tentang sakit yang dideritnya selama 6 minggu terakhir. Kondisinya sudah tidak bisa untuk beraktifitas seperti biasanya, bahkan membalas chat juga sudah kepayahan. Sudah berkali-kali ke dokter namun obat medis hanya meringankan sakitnya saat obatnya diminum. Ada infeksi di saluran pencernaan, muntah, batuk berdahak, hidung mampet karena lendir, susah nafas dan sakit kepala yang menyiksa adalah keluhan terakhirnya.

       Terakhir Dawax menghubungi saya melalui WA pada tanggal 18 November 2020, mengabarkan kalau dia mencoba berobat ke pengobatan alternatif dan dinyatakan kurang cairan. Setelah itu saya dan beberapa kawan lain tidak lagi tahu kabar tentang Dawax. Beberapa kali saya, Yorie, Rebel dan kawan yang lain berusaha menghubungi, Dawax untuk mengetahui kondisi terakhirnya, namun seringkali hpnya tidak aktif atau tidak diangkat. Chat melalui WA juga sudah tidak lagi dibaca olehnya. Sampai hari ini tiba, saat Ibu dari Anton Sahetapy mengabarkan kepulangannya.

       Kepada teman-teman Dawax, baik dari FB, Reporo, WA dan entah platform sosial media apa lagi yang digunakannya, saya sampaikan kabar duka ini. Dawax (Anton Sahetapy) telah mendahului kita menghadap Sang Pencipta. Semoga amal ibadahnya diterima dan segala kesalahannya diampuni oleh-Nya.

       Saya yakin, Dawax memiliki banyak teman, karena Dawax sepengetahuan saya adalah orang yang senang menolong.  Dawax dikenal pintar ngoprek HP sejak zaman symbian sampai era android. Di grup-grup yang membahas android, Dawax dikenal sebagai Mastah, tempat orang bertanya tentang problematika dunia android. Applikasi yang belum memiliki fitur bahasa Indonesia juga sering dialih bahasakan oleh Dawax. Di forum developer android XDA ID Undaclazz adalah Dawax. 

       Dawax juga mengelola banyak website, saya sampai gak ingat ada berapa jumlahnya. Underclass Mobile Blog adalah salah satu di antaranya. Domain yang saya pakai di blog ini, awanbyru.com adalah domain pemberian Dawax beberapa tahun yang lalu. 

       Mengedit gambar dan membikin desain gambar juga salah satu keahlian Dawax. Sempat juga dia pamer logo desainnya yang laku dibeli orang luar. Namun semenjak wabah Covid -19 menyerang, pesanan pun mulai berkurang. 

       Bagi sebagian orang, mungkin saya adalah orang yang kurang ajar kepada Dawax. Karena di mana pun juga saya selalu meledek Dawax. Kami tetap berteman, tak pernah Dawax marah atau membenci saya karena ledekan saya yang sering kali keterlaluan. Baginya bully-an saya adalah genggaman erat keakraban. Atau mungkin memang Dawax orang baik, bahkan terlalu baik sehingga selalu memaafkan kelakuan yang saya perbuat. 

       Selamat jalan kawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar