Aku Belum Mati - awanbyru.com

Desember 22, 2017

Aku Belum Mati

       Seorang rekan memberi tahu bahwa ada orang yang sesumbar akan mengirimiku guna-guna di hari Jumat untuk membunuhku. Aku bahkan tidak mengenal orang itu. Namun yang aku tahu, dulu kelakuan konyolku pernah mematahkan mantra pemikat yang dikirimkannya pada seorang perempuan yang aku kenal. Kabar yang aku dengar mengatakan bahwa orang itu dan dukunnya marah besar karena kelakuanku.

       Aku kok yakin ya, kalau Tuhan tidak akan mematikanku dengan cara seperti itu. Mungkin saja aku akan tumbang di hari Jumat terkena guna-guna yang dikirimkan orang itu, tapi tidak mati. Aku percaya teman-teman dan orang-orang terdekatku tak akan tinggal diam mengetahui apa yang menimpaku.

       Sampai jumpa di hari Jumat.

*****

       Ancaman mereka untuk mencelakaiku bukan gertak sambal belaka. Semalam adalah waktu mereka melakukan serangan itu kepadaku. Sebelum tengah malam hujan turun dengan lebat diiringi angin kencang dan kilat yang menerangi gelap malam. Memasuki tengah malam hujan belum juga berhenti, kepalaku mulai berat, sakitnya hingga berdenging. Dadaku terasa sesak, seperti terinjak, dan bernafas pun terasa susah.

       Aku bahkan tak peduli dengan apa yang sedang terjadi. Aku masih yakin bisa melewati Jumat ini, belum saatnya aku mati. Sepanjang malam aku biarkan gangguan-gangguan itu menderaku. Dulu, pernah guru mengajiku mengajarkan doa-doa pelindung diri dari serangan guna-guna dan semacamnya. Tapi itu sudah terlalu lama, dan tentu saja aku telah lupa.

       Seperempat jam sebelum adzan Subuh tubuhku tumbang. Lantai tempat tubuhku terbaring berubah menjadi lubang hitam dan menghisap tubuhku jauh ke dalam pusarannya. Cukup lama tubuhku berputar-putar jatuh ke dalam lubang yang seperti tak berdasar ini, hingga kemudian sungai berair hitam menghanyutkan tubuhku. Aku mencoba berenang di arus yang deras meskipun aku sadar kalau aku tidak pernah bisa berenang di air tenang. Usahaku berenang membikin tubuhku semakin timbul dan tenggelam hanyut dalam derasnya air hitam. Hingga kemudian aku melihat sebilah bambu kuning terjulur ke arahku saat tubuhku timbul ke permukaan. Kukerahkan tenaga terakhirku untuk menggapai bambu kuning itu, aku pegang erat-erat sebelum semuanya menjadi gelap.

       Aku membuka mata di tepi telaga berwarna hijau dikelilingi teman-teman dan orang-orang terdekatku. Salah seorang di antara mereka memberiku minum air dari telaga, beberapa saat kemudian tenagaku pulih dan mampu duduk dengan sempurna. Lalu kami mulai makan bersama. Ada banyak menu yang dihidangkan; sambal ontong, pindang serani, pecel lele, sambal terasi, dan tak ketinggalan kopi Colo yang harumnya membangkitkan energi. Setelah makan dan berterima kasih kepada para penolongku, kami kembali ke tempat masing-masing. Aku pun terbangun dan segera mengerjakan Subuhku yang agak kepagian.

       Di siang harinya, setelah mandi aku berangkat menuju masjid untuk Jumatan. Seekor perkutut dengan kalung leher melingkar penuh menghadang jalanku di gang sempit depan rumah. Setelah aku mulai dekat, perkutut itu terbang ke dahan srikaya yang tak begitu tinggi. Mata perkutut itu terus tajam mengawasiku. Aku pun berhenti dan balas menatap mata perkutut itu. Beberapa saat kami diam saling mengawasi, kemudian aku tersenyum dan berkata pelan kepada perkutut itu, "Ya, aku belum mati." Perkutut dengan kalung leher melingkar penuh itu pun kemudian terbang menuju selatan, dan aku pun kembali melangkah untuk Jumatan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar