Activity Log

Tahukah anda kalau segala tindakan yang anda perbuat di Facebook selalu tercatat di activity log? Anda menekan tombol like, memberi komentar, membagikan status, membagi tautan, membagi kenangan, menyunting profil, dan segala macam aktifitas lainnya akan direkam oleh mesin data dan disimpan oleh Facebook. Bahkan Facebook juga menghitung jumlah like yang diterima oleh sebuah akun.

Kalau Facebook saja mampu mencatat segala macam kegiatan yang anda lakukan di Facebook, bagaimana mungkin anda tidak mengimani dua Malaikat yang senantiasa mencatat amal baik dan buruk yang anda lakukan?

Kemampuan Facebook merekam data itu tentu bukanlah apa-apa bila dibandingkan dengan kuasa Tuhan. Facebook sekedar merekam data yang ada, mesin data tersebut tak akan pernah tahu apakah like yang anda berikan sekedar basa-basi atau benar-benar karena menyukai sebuah status. Bisa jadi like yang anda berikan itu karena ketidaksengajaan jempol anda menyentuh tombol like.

Facebook tidak akan pernah tahu apa yang sebenarnya ada di dalam hati dan pikiran anda. Anda bebas saja membuat status berbahagia meskipun pedalaman anda sedang merana. Atau anda juga bisa pura-pura move on padahal anda sebenar-benarnya anggota laskar sayang mantan.

Bagaimana anda berani mengaku mengimani dua malaikat yang menyertai anda, sedangkan perbuatan yang anda lakukan setiap hari sekehendak hati seperti tak ada yang mengawasi?

Apakah anda lupa bahwa Tuhan mengetahui apa yang tersembunyi di hati anda?

Status dan kiriman anda bisa menuai banyak like dan berbagai macam reaksi lainnya, tanpa pernah Facebook bertanya dari mana anda mendapatkannya. Tapi Tuhan tahu, status anda itu jiplakan belaka.



0 coretan kamu:

Posting Komentar