Ikan Kecil dan Motivator

Sudah dua kali saya membeli beberapa ekor ikan jenis ini (lihat gambar) --- di kios penjual ikan hias dekat rumah --- untuk mengisi kolam kecil yang ada di depan rumah. Kolam saya memiliki pancuran air yang mengucur masuk ke dalam kolam, sehingga menimbulkan bunyi gemericik dan riak-riak kecil di permukaan airnya.

Hari pertama masuk kolam, ikan-ikan ini menunjukkan perilaku yang membahayakan keselamatan dirinya. Saat tepat di bawah pancuran air, ikan-ikan ini akan menyelam sampai dasar kolam, kemudian melesat naik melompat melewati permukaan air kolam. Dan kalau lesatannya kuat, tubuh ikan-ikan ini sanggup melenting melewati bibir kolam untuk kemudian mendarat di luar kolam, mengering, lantas digotong serombongan semut bila tidak konangan.

Terus terang saya curiga. Jangan-jangan ikan-ikan kecil ini pada saat masih tinggal di aquarium kios penjual ikan hias, setiap harinya selalu dicekoki ceramah motivasi dari radio yang didengarkan oleh pemilik kios.

"Teruslah semangat, jangan menyerah. Bangkit dan jangan takut untuk keluar dari zona amanmu. Raih impianmu."

Begitulah, ikan-ikan ini memasuki kolam saya dengan optimisme yang tinggi dan bertekad untuk keluar dari zona amannya. Gelembung dan riak air di permukaan yang dibarengi suara gemericik mungkin disangkanya sebagai kebahagiaan yang diimpi-impikan. Melompatlah ikan-ikan ini dari zona aman untuk kemudian mendarat di tempat kering.



Sumber gambar: google.com

0 coretan kamu:

Posting Komentar