Usaha

Malam ini saya mendapat sms dari rekan kerja yang sedang bertugas di pos sebelah. Dia mengeluh kepada saya kalau perutnya lapar. Saya pun membalas smsnya, saya katakan saya punya persediaan mie instant. Kembali rekan saya tersebut mengirimkan sms "Memangnya kamu sudah makan?" Dan saya jawab "Ini baru akan mulai makan." Dia kembali sms "Sepertinya enak ya?" Dan kujawab "Orang kalau mau enak musti usaha." Dan dia pun tertawa dengan sms balasan saya.

Setelah selesai makan saya pun menyadari ternyata untuk mengenyangkan perut yang lapar diperlukan usaha yang rumit. Kenapa saya bilang rumit? Karena untuk makan diperlukan banyak usaha untuk mendapatkan hasil perut yang kenyang. Seperti usaha mendapatkan uang untuk membeli makanan,usaha memasak bahan makanan, dan banyak usaha-usaha yang lainnya.

Cuma mengeluh tak 'kan bisa mengenyangkan perut yang lapar. Untuk mendapatkan hasil perut kenyang diperlukan banyak usaha yang kompleks dan saling berkaitan. Jangan bermimpi mengubah hidup kalau cuma bisa mengeluh dan tak mau berusaha dengan keras. Bahkan orang yang sudah berusaha dengan keras pun terkadang tidak mendapatkan hasil seperti yang diharapkan. Hal-hal seperti ini tentu telah kita ketahui namun seringkali kita terlupa dan tidak kita sadari. Karena kita seringkali meremehkan segala sesuatu yang sudah diketahui.

Menurut saya yang disebut usaha itu meliputi: perencanaan, tindakan/aksi ,dan doa. Dengan tiga elemen tersebut akan didapatkan hasil dari usaha. Kalau salah satu dari tiga hal tersebut tidak dipenuhi maka hasilnya tidak bisa disebut dengan hasil usaha.

Di sini akhirnya saya menyadari ternyata banyak hal dalam hidup ini yang belum saya usahakan untuk mencapai apa yang saya inginkan.
Ternyata saya lebih sering hanya mengeluh tanpa melakukan usaha yang nyata. Semua rencana dan keinginan tak akan berarti tanpa tindakan dan doa yang menyertainya.

0 coretan kamu:

Posting Komentar