Wanita Dari Masa Lalu

Entah apa yang membuatku dial namamu di phonebookku.
Suaramu masih tetap getarkanku seperti yang dulu.
Bingung juga apa yang musti aku ungkapkan padamu.
Sekedar basa-basi bertanya kabar?
Ataukah kumampu bicara padamu panjang lebar?
Entahlah, semua terjadi di luar alam sadar.


Dan pastinya ini pun begitu mengejutkanmu.
Kekagetanmu terdengar jelas melalui telingaku.
Pertanyaan heranmu tentang ketidakbiasaanku.
Setelah sekian lama kumenjauh pergi.
Dan mengapa musti kuhadir kembali.
Entahlah, kita berdua sama-sama tak mengerti.

Mungkin rindu di hati kecilku yang mengontakmu.
Mungkin rindu pula yang bangkitkan keberanianku.
Karena jujur, aku tak pernah bisa melupakanmu.
Khilafku-lah yang membuat kita berbeda jalan.
Menyisakan sebuah kata cinta yang tak pernah terucapkan.
Dan membuatku terus berjalan dalam penyesalan.

Hari ini kembali SMSmu mengunjungiku.
Tersirat ketidakbahagiaan di dalam hidupmu.
Lantunan Kesempatan Kedua dari Tangga sesakkan hatiku.
Tak ada niatku untuk melompat memotong jalan.
Kuharap engkau ikhlas dalam menjalani pilihan.
Semoga dengannya akan kau temui kebahagiaan.


Karena sekarang, aku bukanlah pilihan......

Usai

Akhirnya dirimu pun bosan denganku.
Ternyata dirimu tak bisa menerima kekuranganku.
Selama ini mungkin dirimu tersiksa bersamaku.
Terimakasih atas usahamu itu.



Terserah apa yang akan kamu perbuat.
Buatmu aku telah usai.
Tak ada lagi yang menarik untukmu.
Di diriku cuma ada jemu.



Aku yakin tulisan ini pun tak akan pernah terbaca.
Bagimu aku sudah tiada..
Tak lagi kau rasa bahagia.
Di kala kita sedang bersama.



Selamat tinggal...
Kini tiba waktuku purna.

Sepasang Sandal Jepit di Hari Ulang Tahunmu

Hari kelahiranmu datang juga.
Kali ini jarak yang membentang memisahkan kita.
Kuhanya bisa berkirim suara.
Meski raga memaksa ingin jumpa
Hanya sebaris kalimat selamat yang bisa kubuat.
Hanya sedikit doa yang terucap.
Semoga dirimu selalu bahagia.


Sepasang sandal jepit itu mentertawakanku.
Mereka mempertanyakan hubungan kita.
Apakah bisa kita menjadi satu?
Bisakah kita terus bersama?
Saat kita terpisah ruang waktu.
Kala kita di antara beda.


Sungguh beruntung sandal jepit itu.
Meski berbeda mereka selalu bersama.
Meski lalui lumpur dan debu.
Selaras seirama,
tetap bersama.
Mereka selalu seperti itu.
Hidup sederhana tapi banyak cinta.
Sampai di antara mereka putus satu.
Yang akan mengakhiri kebersamaan mereka


Biarpun kita tak selalu bersama.
Meskipun kita selalu berbeda.
Semoga kita bisa tetap saling menerima.
Segala kekurangan yang ada di kita.
Selaras menghirup udara rindu.
Seirama tiupkan aroma cinta.


My heart shaker...
Happy birthday.



Sedikit Untuk Bumiku Yang Tua

Seperti biasa kalau piket malam aku berangkat dari rumah pukul 21.40, berhubung kelupaan bawa mie instan dari rumah (kayaknya sih stock di rumah sudah habis) aku mampir dulu di kios rokok pinggir jalan untuk  membeli sebungkus mie instant. Hehe maklum gaji pas-pasan, buat ganjel perut tengah malem ya cukup sebungkus mie instant. Begitu penjual mie instan akan membungkus dengan tas kresek, spontan aku menolaknya ''mboten usah diplastiki bu,kula lebetke jaket mawon'' (yang nggak ngerti nyari translator yak hehehe). Memang kebiasaanku kalau beli sesuatu sering kali aku menolak tas kresek, langsung saja barang tersebut aku masukin ke jaket hehehe jaket dinasku kantongnya banyak gede-gede pula. Kalau cuma mie 5 bungkus mah masih muat.

Selepas beli mie aku melanjutkan perjalanan menuju tempat kerja. Seperti biasa kalau sampai  langsung kontrol keliling lokasi sambil mematikan kran-kran air di toilet yang airnya masih menetes. Nggak tahu kenapa dari dulu aku paling sebel kalau melihat air terbuang percuma. Kebayang kalau tinggal di daerah yang kekurangan air, duh bisa nangis kalau ngeliat air bersih disia-siakan.

Kebiasaan-kebiasaan kecil itu selalu aku lakukan dan tanpa pernah aku sadari apa keuntungannya. Entah dapat bisikan darimana mendadak aku berpikiran kalau sendainya semua orang melakukan kebiasaan seperti itu. Tentu akan berkurang jumlah sampah plastik yang susah dicerna bumi. Tentu kandungan air di bumi tak akan habis dengan sia-sia.

Alam pikiranku terus berkelana mencoba mendengar keluh kesah bumi tua. Ternyata banyak hal-hal kecil yang bisa kita perbuat untuk membantu bumi yang tua. Aku teringat pada seorang teman yang dengan sukarela menjejali kantongnya dengan bungkus permen sampai ditemukannya tempat yang tepat untuk membuangnya.

Kita juga bisa memulai membiasakan diri membaca berita lewat internet atau koran-koran yang dipajang di tempat umum. Buat apa kita tiap hari berlangganan koran tapi setelah dibaca kertas-kertas koran itu jadi tak berguna. Entah berapa juta pohon yang telah ditebang hanya untuk lembar demi lembar kertas koran. Btw ngeblog juga kebiasaan yang ramah lingkungan lho, dulu aku biasa nulis di selembar kertas yang pada akhirnya cuma jadi sampah yang tak berguna. Tapi setelah mengenal blog tulisanku jadi abadi hehehe...

Masih banyak hal-hal ringan lainnya yang bisa kita perbuat untuk meringankan penderitaan bumi, gunakanlah listrik seperlunya, hematlah penggunaan sumber energi yang ada, berkreasilah dengan benda-benda yang kelihatannya tidak bermanfaat, maka tanpa kita sadari kita telah membantu meringankan beban bumi.

Saya bukanlah aktivis lingkungan hidup, saya cuma berpikir kalau kita ramah dengan alam, nggak mungkin alam marah kepada kita. Bagaimana dengan anda?

1st Day

Akhirnya kesampaian juga ngepost perjalananku ke Jakarta, postnya aku bagi menjadi beberapa bagian (hkhk gak bakalan muat dah tulisan sepanjang ini aku post lewat Operamini). Kalo poto-potonya mungkin akan aku pasang belakangan saja (hehehe nunggu hasil jepretan temen-temen yang sudah di apload).

Pagi itu terpaksa aku pulang agak telat berhubung ada urusan yang musti aku selesaiin. Mesin absen sidik jari nunjukin waktu 06.15 tertanggal 11 oktober 2008. Langsung saja kupacu sepeda motorku semaksimal mungkin. Menurut info yg aku denger kereta dari Stasiun Tawang (Semarang) ke Jakarta berangkat pukul 08.00. Udah panik banget rasanya karena rencana naik kereta pagi ke Jakarta hampir pasti gagal.

Sampai di rumah dengan kalap aku mandi kemudian sarapan,langsung kusambar tas yang sudah aku siapkan semalem tanpa memeriksa lagi ada yang tertinggal apa kagak. Tujuh kurang sepuluh menit aku kabur dari rumah nyamperin temen minta dianterin ke Terminal Kudus. Harap-harap cemas karena aku belum bikin janji sama dia sebelumnya. Ternyata temenku ada di rumah, tanpa basa-basi aku minta tolong dianterin. Sepanjang jalan menuju terminal aku berharap ada taxi kosong yang mau balik ke Semarang dengan harapan aku bisa nyampe stasiun lebih cepat. Sampai di terminal tak ada taxi sama sekali. Tanpa masuk terminal aku nunggu bus ke Semarang di luar terminal. Bus Patas Nusantara Kudus-Jogja berhenti, tanpa babibu aku nyelonong masuk. Di dalam bus mataku terus memandang jam digital yang ada di depan dengan harapan sebelum jam 8 sudah sampai Semarang. Tapi harapan tinggal harapan, memasuki Sayung Demak jam digital menunjuk angka 08.00. Lemas tapi belum nyerah, kali ini aku berharap kereta terlambat berangkat (hehehe kali aja tertolong budaya ngaret).

Sampai di Terboyo (Semarang) aku langsung loncat turun dari bus pindah ke angkot jurusan Tawang. Setelah sedikit macet di pasar Johar yang rasanya ingin aku kutuki, aku sampai di stasiun Tawang jam 08.30. Aku tanya petugas parkir stasiun ternyata kereta ke Jakarta sudah berangkat (jaahh tumben gak ngaret). Menurut info dari petugas parkir ada kereta eksekutif Argo Anggrek yang berangkat pukul 12.45. Iseng aku masuk ke dalam kereta melihat daftar keberangkatan dan tarifnya. Busyeet kereta Argo Anggrek ke Jakarta 420 ribu. Wekz naik ini mah sama saja bisa berangkat gak bisa pulang (maklum uang saku pas-pasan). Setelah berpikir tenang (diselingi pipis di toilet stasiun) aku putuskan berangkat malam menggunakan bus.

Aku telpon Jimmy Jangkrik mengabarkan diriku yang terdampar di Tawang (untung Jimmy sedang di Semarang). Tapi dia tak bisa jemput karena tak ada motor (dipakai cewenya kerja). Setelah dapet petunjuk menuju kost Jimmy, aku langsung ke luar stasiun mencari buskota ke RS Kariadi. Dengan bantuan penjual kakilima aku dapet petunjuk di mana musti nunggu busnya lewat.

Lama aku menunggu,banyak buskota yang lewat tapi tak satu pun ke Kariadi, beuh mataku sudah sepet ngantuk banget (habis piket malem). Kuputuskan nyari warung kopi sambil menghubungi teman di Jakarta mengabarkan kegagalanku ngejar kereta.

Akhirnya buskota itu pun tiba, perlahan tapi pasti aku tiba di RS Kariadi. Sekarang tinggal nyari angkot ke Sampangan. Eh ada angkot berhenti di depan, langsung saja aku naik 'ke sampangan pak!'.Wekz malu aku mendengar jawaban sopir angkot 'wah yang ini mu ke Johar mas'. Bujug dah ternyata arahnya terbalik, aku langsung turun kemudian nyebrang jalan (aku lihat angkot sampangan ngetem). Kali ini aku gak mau malu, aku nanya dulu sebelum naik hehehe. Yang ini sudah benar ke Sampangan tapi angkotnya masih kosong (cuma aku doank). Untung saja sopirnya agak-agak sedeng hehehe jadi ngobrol gak keruan sama sopir angkot, hampir 30 menit ngetem tetep saja tak ada penumpang naik.

Mau tak mau akhirnya angkot jalan juga. Baru jalan 10 menit jalanan macet total (weh ternyata ada keluarga mentri yang meninggal). Lepas dari kemacetan, angkot berjalan melewati jalan alternatif. Tapi untung juga buat sang sopir di jalan alternatif ini dia dapet banyak penumpang anak-anak SD yang pulang sekolah (hkhk inget pas sopirnya ngerjain anak-anak SD dengan mengatakan tarip naik jadi 5 ribu gara-gara lewat jalan muter).

Aku turun di SPBU Tugu Soeharto sekitar pukul 10.30, langsung aku kontak Jimmyjangkrik. Tak sampai 5 menit Jimmy sudah muncul, berdua kami berjalan menuju tempat kost si Jimmy.

Di kost Jimmy aku menceritakan rencanaku ke Jakarta. Weh di sini aku dapet saran dari Jimmy, daripada kereta Argo Anggrek yang mahal mendingan naik pesawat saja, tiket pesawat yang murah sekitar 280 ribu. Langsung saja kami buka koran hari ini nyari nomor telpon biro perjalanan. Dasar apes,semua pesawat yang berangkat hari ini sudah penuh. Balik lagi dah ke rencana naik bus, sambil nunggu cewe Jimmy pulang kami onlen di reporo.

Jam 12.30 cewe Jimmy pulang, aku nanya-nanya di mana tempat agen bus terdekat, langsung saja aku dan Jimmy ke luar nyari agen bus, si Jimmy musti nganterin cewenya pulang ke Kudus (duh jadi gak enak sama cewenya Jimmy).

Sebelum ke agen bus Jimmy malah traktir aku makan siang, dia malah tak enak sama aku karena tidak bisa nemenin aku. Weleh harusnya kan aku yang nggak enak (suwun lho Jim atas bantuan dan makan siangnya,sorry udah ngerepotin)


Setelah makan siang Jimmy nganter aku ke daerah Kalibanteng untuk mencari tiket bus. Ternyata harga tiket bus pun masih tinggi, setelah nyari sana-sini akhrnya dapat yang paling murah naik Po.Haryanto eksekutif seharga 210ribu. Dengan berat hati Jimmy meninggalkanku di agen bus karena saat itu juga musti nganterin cewenya pulang ke Kudus.

Di agen bus ini benar-benar menguji kesabaranku menanti. Rencananya bus datang pukul 20.00 tapi waktu masih menunjuk pukul 14.00. Mata ngantuk tapi tak ada tempat untuk tidur, pengen onlen tapi batre sekarat. Setelah agak lama ngobrol sama penjual tiketnya aku akhirnya dikasih tempat di kantor untuk tidur. Tapi tetep saja aku tak bisa tidur, tapi sudah lumayanlah aku bisa nglempengin punggung.

Setelah mandi dan makan satu persatu calon penumpang berdatangan. Sepertinya aku mengalami apa yang dinamakan dejavu. Calon-calon penumpang yang datang sepertinya sudah pernah aku kenal/lihat di suatu tempat. Tapi pada kenyataannya tak satu pun dari mereka yang mengenaliku. Semakin malam yang datang semakin banyak tapi tak ada tanda bus yang ditunggu akan datang. Aku mengalami hal yang kurang mengenakkan di agen bus ini. Aku jadi tahu kelicikan dari bos agen bus ini. Mulai dari tiket yang jualnya ke aku kemahalan 20rb sampai tempatku yang dioper ke bus yang lain karena ada pembeli yang sudah dia kenal.(tetap bus Haryanto tapi diperkirakan paling akhir keberangkatannya). Aku sudah mulai pengen marah apalagi jam sudah setengah sembilan. Calon-calon penumpang pun sudah mulai uring-uringan.

Sekitar jam 21.00 kesabaranku berbuah. Busku yang diperkirakan datang paling akhir malah datang duluan, tanpa permisi aku langsung naek bus tersebut menuju Lebak Bulus. Jalanan malam ini macet banget di Semarang. Bus yang aku tumpangi berjalan merayap. Daripada pusing karena macet aku putuskan tidur saja.

Aku terbangun dengan kepala pening, bus berhenti di Rumah makan (sumpah aku tidak tahu di mana dan tidak mencari tahu sama sekali). Aku cuci muka trus makan malam di rumah makan ini. Untung saja peningku sudah hilang pada saat bus kembali jalan. Setelah menikmati pemandangan malam di Alas Roban aku pun kembali tertidur. ZzzzZZ..zzZzZZZz..

2nd Day

Jam 04.00 aku terbangun, melongok ke luar jendela bus, di luar masih gelap. Satu jam kemudian Sagitaa SMS nanyain aku sudah nyampai mana. Beuh bingung juga jawabnya, hehe gak ngerti di daerah mana sih, kayaknya sih di Karawang mau masuk pintu tol. Kendaraan sudah mulai macet. Sekitar jam enam bus sudah meluncur di atas tol Cikampek, Sagitaa pun sudah bersiap jemput ke Lebak Bulus, jam 7an Sagitaa mengabarkan sudah sampai di terminal Lebak Bulus, tak lama kemudian busku sudah masuk ke dalam terminal. Turun dari bus langsung aku telpon Sagitaa untuk konfirm tempat pertemuan, setelah ngerti tempat yang dimaksud aku langsung ngacir ke toilet untuk cucimuka dan gosok gigi. Berjalan kaki aku menuju gang di sebelah kanan pintu terminal. Dan disana kutemukan Sagitaa nangkring di atas Mio putihnya.


Tanpa basa-basi langsung aku dibonceng menuju arah Depok. Wekz jalanan macet banget, akhirnya aku yang pegang kemudi Mionya. Sambil jalan Sagitaa nunjukin arah menuju Limo (katanya gak lengkap kalo aku ke Depok tanpa ngunjungin Limo) . Nurut saja aku ngikutin arah yang dimaksud. Ternyata aku dibawa ke masjid kubah emas, weh tapi kedatanganku kepagian (jam 8an) padahal area baru dibuka jam 10.00. Istirahat bentar menikmati segelas kopi sambil ngobrol tujuan berikutnya (nyari penginapan). Sagitaa nyaranin aku nunggu sampai area masjid dibuka, tapi aku pikir itu tidak perlu karena sempitnya waktu. Yah cuma photo dengan background masjid kubah emas sudah cukuplah buat aku. Karena bingung nyari penginapan yang murah meriah akhirnya kami sepakat untuk nyari penginapan yang direkomendasikan Achot yakni wisma Uli Artha di jalan raya Jakarta-Bogor.

Setelah satu jam lebih muter-muter Depok (lewat rumah Sagitaa juga tapi gak mampir) nyampe juga di penginapan yang dimaksud. Begitu masuk lokasi, aroma ketidakberesan sudah tercium hehehe, tapi aku mah cuek saja. Setelah melihat-lihat kamar yang tersedia, aku memilih kamar A8. Sagitaa langsung pulang setelah aku masuk kamar, karena musti istirahat dan siap-siap untuk acara kopdaran di Plaza Semanggi. Mandi dulu ah biar seger. Eh selesai mandi ada telpon dari Zoriady yang nanyain keberadaanku (hehe gak pecaya kali Zo kalau aku nyampe di Jakarta). Selesai dengan Zo aku langsung kontak Achot kasih kabar, eh ternyata aku diketawain juga setelah bilang nginep di Uli Artha, Achot nanya aku ditawarin poto-poto cewe gak? (Hahahaha kecurigaanku pada waktu masuk penginapan terbukti). Selesai ngobrol sama Achot aku istirahat sebentar.

Jam 13.00 aku bangun (lho Sagitaa kok belum jemput? Padahal acara di Plaza Semanggi jam 14.00). Sambil nunggu Sagitaa aku menghubungi Bulekirey, lagi-lagi aku diprotes Bule karena nginep di Uli Artha (bule says: 'yah kok nginep disitu mas? Ntu kan tempat begituan!') hehehe namanya saja mau ngirit ah, kalo mau nyari hotel yang bonafid bisa-bisa kagak pulang hkhkhk. Pukul 13.30 sagita datang menjemput. Langsung saja berdua meluncur ke Plangi. Sekitar jam 15.00 tiba di Plaza Semanggi (ngaret 1jam hehehe). Sesampainya di Plaza Semanggi kita nyari tempat ketemuannya, setelah menghubungi Michikun ternyata sudah banyak yang ngumpul di Soho. Muter-muter bentar ketemu deh sama tempat yang dimaksud, di sana sudah ada Winky, Doecati, Bligitha, Michikun , Rinjani, Dodyhuang, Pantsu, dan Doniutar. Tak lama kemudian datang Cantika dan Cocholateflava trus disusul sama Zoriady, Jhadoel. Setelah 3jam lebih bikin kehebohan di Soho (sampai mau rubuh karena hebohnya) mendadak ada ide karaokean di Inul Vista. Setelah menunggu Zibarani yang datangnya paling buncit rombongan pengacau ini langsung meluncur ke Inul Vista (minus Dody yang lanjut kerja dan Wingky yang ada acara lain). Kekacauan terus berlanjut mulai dari salah naek lift, bikin pose narsis di camera cctv, sampai disuruh pindah room sama pegawai Inul Vista gara-gara roomnya overload. Masuk Inul Vista suasana semakin bertambah seru, Cantika bergoyang heboh, Rinjani dengan semangat rockernya, Cocholateflava pun tak mau kalah, Pantsu yang jadi wonderwomen di atas meja (ngakak dah gak bakalan lupa). Setelah Dodyhuang nyusul ke karaokean acara dilanjut dengan game,yang kepilih musti nyanyi & joged di atas meja. Bligitha yang dapat kesempatan tampil petama kali langsung menggebrak dengan Mbah Dukun ditambah goyang patah-patahnya yang membikin hysteria membahana. Ziba yang tampil berikutnya menyayikan lagu sunda dengan goyang jaipongnya. Dodyhuang yang dapat tempat ketiga pun tak mau kalah menampilkan goyang erotisnya. Acara terus berlanjut hingga tak terasa waktu sudah menunjuk pukul 21.00, kami pun sepakat menyudahi acara sampai di sini. Setelah sepakat kalo Semarang adalah tempat pertemuan berikutnya kami pun berpisah untuk kembali ke rumah masing-masing. Ada sedikit berita duka di saat kita berpisah, Bligitha dapat kabar kalau adiknya mengalami kecelakaan dan dirawat di RS (semoga cepat sembuh yak buat adiknya Bligitha).

Aku dan Sagitaa tidak langsung pulang, kami nyari makan dulu di Sarinah, hehe dasar aku memang dudul salah ambil jalan melulu jadi muter-muter nggak nyampai-nyampai (navigatornya juga sudah kecapekan dan ngantuk sih). Sampai di Sarinah sudah hampir jam 23.00 setelah makan di Mc D dengan nafsu makan seadanya (capek euy)


Kami langsung pulang menuju Depok. Aku anterin Sagitaa sampai dekat rumahnya, selanjutnya aku naik angkot menuju simpangan Depok (ternyata sampai tengah malam masih banyak angkot bekeliaran). Sampai simpangan aku ganti angkot menuju Uli Artha. Pukul 00.30 aku masuk ke penginapan. 
Setelah minta kunci di resepsionis dan beli air mineral, langsung saja bersih-bersih dan bersiap tidur. Waduh baru tidur sebentar sudah kebangun gara-gara gigitan nyamuk. Onlen di reporo sebentar tapi mata sudah tak tahan, mau beli anti nyamuk tapi males ke luar, akhirnya dipaksain saja tidur dengan kaki dan tangan gatal-gatal.

3rd Day

Cerita aku mulai di pagi hari 13 Oktober 2008, bangun tidur ada telpon dari Doniutar yang mengabarkan kalau Ducati dan Zibarani nginep di rumah Doni. Trus mereka berencana datang ke penginapanku. Langsung saja aku mandi untuk menyambut mereka. Sekitar pukul 8 Doni datang mengantar Ducati, Tak lama kemudian Ziba pun datang. Berempat ngobrol sana-sini sambil kontak temen-temen yang tinggal di deket penginapan (Depok dan sekitarnya).

Bagool yang pertama datang, dia kaget ketemuan di Uli Artha yang memang sudah terkenal miring reputasinya di Depok (hehehe aku mah cuek aja, yang penting ada tempat tidur). Tak lama kemudian datang Puldazz dan Syuja (anak Puldazz). Kemudian Abeereturn pun datang (busyett masih berseragam komplit euy). Karena cuma ada minuman doank, Abee langsung ngajak Ziba belanja makanan di Alfamart. Sagitaa datang pas Abee & Ziba akan berangkat. Tidak lama kemudian datang Achot. Suasana semakin ramai saja. Apalagi kemudian Pantsu datang (dijemput Doniutar). Makanan & minuman sudah komplit (thanks to Abee) , orang-orang gila sudah pada ngumpul hehehe, sibuk ngobrol & poto-poto sampai lemes dah. Oh iya si Bagool pergi jemput TX dan Rahel. Acara makan siang dengan menu nasi padang bungkus pun terasa nikmat diselingi canda dan gosip-gosip seputar reporo (sayang Puldazz tidak ikut makan siang bareng, dia musti cabut duluan untuk kerja). Sekitar pukul 13.30 Bagol, Tx,dan Rahel datang. Acara poto-poto dimulai lagi. Pokoknya seru,seru dan seru hehehe..

Sumpah tidak nyangka bisa ketemu temen-temen reporo dari berbagai kota.
Sekitar jam 14.00 acara dengan terpaksa musti berakhir, si Abee musti kembali ngantor, aku pun sudah harus check out untuk lanjut ke Lebak Bulus nyari tiket bus (untung udah dipesenin Sagitaa by phone). Duh pengen banget menghentikan waktu karena begitu singkatnya pertemuan itu berlangsung. Di depan pagar wisma Uli Artha kami semua berpisah...
Semoga bertemu lagi di lain waktu dan kesempatan.

Aku pacu Mio putih Sagitaa membelah jalanan Depok menuju terminal Lebak Bulus. Perasaan tak ingin berpisah terus menerus mengganggu benakku. Tapi kenyataan memang musti aku terima, bahwa perpisahan itu sudah tak mungkin aku tolak lagi. Rencananya Sagitaa mau nitipin Mio miliknya di mal deket terminal Lebak Bulus biar aman (soalna gak tahu tempat parkir di terminalnya hehehe). Pukul 15.45 kami sampai di mal yang dituju. Langsung saja aku arahkan mionya ke basement, sesampainya di depan loket parkir mendadak sagitaa inget kalau tidak membawa STNK, duh tidak jadi nitip dah. Yaudah dengan terpaksa kami menuju pintu keluar. Lagi-lagi kejadian tak terduga muncul,Sagitaa kebelet pipis hehehe.. Aku pun nunggu di parkiran selagi Sagitaa nyari toilet.

Tepat pukul 16.00 kami ke luar dari mal menuju terminal Lebak Bulus, sesampainya di pintu masuk terminal aku bingung mau parkir Mio di mana, setelah nanya tukang gorengan ketemu juga dah parkirannya.

Masuk ke dalam terminal sekitar pukul 16.15, langsung saja calo-calo terminal merubung ''mau kemana mas?'' 

Dengan jawaban singkat ''udah pesen tiket bang'' mereka pun mundur teratur. Di dalam terminal kami ketemu petugas dari Po.Nusantara (bus yg aku pesen), kami langsung diantar menuju loketnya. Setelah membayar tiket Jakarta-Kudus kelas SE seharga 175 ribu (dapat nomer bangku 6b) aku dan Sagitaa masuk ke parkiran bus untuk mencari bus yang nanti pukul 17.00 akan membawaku kembali pulang. Udara panas Jakarta membuat aku dan Sagitaa langsung saja naik ke atas bus (ngadem nyari ac euy). Berdua kami ngobrol di dalam bus, tak lupa Sagitaa terus berpesan agar aku hati-hati dalam perjalanan pulang.
Pukul 16.45 aku pun turun dari bus mengantar Sagitaa ke luar dari terminal, setelah aku kembali ke bus tepat pukul 17.00 bus pun mulai bergerak meninggalkan terminal. Sambil onlen di reporo aku nikmati sore Jakarta dari atas Nusantara. Pas adzan maghrib bus masuk ke terminal Rawamangun untuk ngambil penumpang (rencana berangkat dari Rawamangun pukul 18.30). Aku turun dari bus untuk bersih-bersih dan lain-lain. Berangkat dari Rawamangun aku coba ngepost acara kopdaran di forum reporoindo. Berhubung kepala sudah pening dan perut mulai mual terpaksa aku ngepost di hari pertama saja. Pilihan buatku saat itu cuma tidur hehehe maklum sudah bener-bener capek plus pening, langsung saja aku ambil selimut, pasang posisi terbaik untuk tidur.

'Pak makan malam dulu' kondektur membangunkanku pada pukul 21.30. Dengan malas aku turun dari bus, wah ternyata terdampar di sebuah rumah makan di Pamanukan. Yang aku tuju pertama kali ya toilet hehehe, baru deh aku lanjut sedikit makan malem buat ngeganjel perut biar tidak masuk angin.

Selepas hisapan terakhir sebatang LAku, bus bersiap berangkat. Begitu masuk bus lagi-lagi yang aku mau cuma tidur hehehe males yak. Selimut aku pasang dari ujung kaki sampai ubun-ubun hkhk sumpah jadi seperti bungkusan warna ijo kali. ZzzZzZZ..zzZz..

04.30 seperti biasa alarm hapeku kumandangkan Adzan bangunkanku. Wekz ternyata hari sudah berganti, clingak-clinguk memastikan posisi, ternyata sudah sampai Demak (sudah mau nyampe nih).
Tak lama kemudian(05.30) bus memasuki garasi Nusantara di karanganyar (perbatasan Demak-Kudus). 


Aku menunggu semua penumpang turun dulu baru aku beranjak dari tempat tidur eh tempat dudukku.

Di bawah, armada travel dari Nusantara sudah bersiap mengantar para penumpang bus untuk kembali ke rumah masing-masing. Aku pun bertanya pada sopir mobil mana yang searah dengan rumahku. Ternyata di mobil cuma ada 1 penumpang yang searah denganku. 

Pukul 05.45 mobil berangkat ke luar garasi Nusantara, setelah teman jalanku turun di depan pintu rumah tujuan, aku langsung minta sopirnya untuk menuju rumahku, hehehe tapi aku gak langsung minta turun di rumah, aku turun di ujung gang jauh dari rumah hkhk sekalian olahraga jalan pagi. 


Jam 06.15 aku masuk kerumah beres-beres bawaan dan SMS Sagita kalau aku sudah sampai dengan selamat sambil mempersiapkan diri menjalani aktivitasku seperti biasa.

Ketupat Sebagai Karya dan Ungkapan Budaya

Masyarakat Jawa tentu mengenal jenis makanan yang disebut ketupat, yang dalam bahasa Jawa disebut kupat. Ketupat adalah makanan yang dibuat dari beras yang dimasukkan ke dalam anyaman pucuk daun kelapa (janur) berbentuk kantong kemudian ditanak dan dimakan sebagai pengganti nasi. Ketupat ini dapat kita jumpai dalam kehidupan kita sehari-hari. Dijajakan di pinggir-pinggir jalan, di pasar dengan sayurnya dan dikenal dengan sebutan ketupat sayur. Kenyataannya ketupat sayur ini banyak digemari. Biasanya untuk sarapan pagi.

Untuk membuat ketupat, terutama anyamannya, diperlukan daya kreatif tersendiri agar dapat menghasilkan kantong-kantong anyaman jamur yang memiliki nilai seni. Memang tidak semua orang dapat membuat ketupat dan untuk dapat membuat perlu belajar menganyamnya. Dilihat dari segi bentuknya ketupat mempunyai nilai seni. Dengan demikian ketupat menjadi karya seni budaya seorang. Apabila dilihat dari maknanya ketupat merupakan ungkapan budaya yang mengandung falsafah hidup yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, yaitu sebagai dasar dalam bersikap dan bertindak.

Nama dan Bentuk Ketupat
Sebagaimana telah disebutkan bahwa untuk dapat menghasilkan kantong-kantong anyaman janur, seseorang perlu belajar dan mengetahui cara membuatnya. Dari kreatifitas seseorang menganyam janur untuk dibuat kantong ketupat, dapat diketahui nama-nama katupat antara lain: ketupat sinta, ketupat jago, ketupat luwar, ketupat sido lungguh, ketupat bawang, ketupat khodok, ketupat bata dan sebagainya. Kurang jelas asal-usul nama ketupat tersebut, tetapi diperkirakan nama-nama tersebut erat kaitannya dengan bentuk ketupat.

Sebagai contoh: ketupat bata bentuknya persegi empat seperti bentuk bata merah; ketupat bawang bentuknya seperti bawang dan sebagainya.

Diperkirakan pula nama tersebut erat hubungannya dengan maknanya.

Sebagai contoh: ketupat luwar sebagai simbol tercapainya harapan dan karenanya bentuk ketupat luwar sangat sederhana dan mudah dilepas. Di sini diberikan makna lepasnya/tercapainya apa yang dicita-citakan.

Perlu diketahui pula bahwa untuk membuat bentuk-bentuk ketupat diperlukan jumlah janur yang berbeda. Untuk membuat ketupat bawang diperlukan dua helai janur, ketupat luwar dua helai janur, ketupat jago delapan helai janur, ketupat sinta empat helai janur dan sebagainya.

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai nama dan bentuk ketupat memang perlu waktu dan pendalaman tersendiri. Pendalaman tentang ketupat perlu dilanjutkan dan dikembangkan sebagai karya seni menganyam janur.
Makna Ketupat
Ketupat sebagai karya budaya dikaitkan dengan suatu hasil dengan beraneka macam bentuk. Sedang ketupat sebagai ungkapan budaya adalah merupakan simbol yang di dalamnya terkandung makna dan pesan tentang kebaikan. Sebagai ungkapan budaya, ketupat antara lain memberikan makna dan pesan:

1. Ketupat terdiri dari beras/nasi yang dibungkus daun kelapa muda dan janur (bahasa Jawa). Beras/nasi adalah simbol nafsu dunia. Sedangkan Janur yang dalam budaya Jawa Jarwa dhosok adalah “Jatining nur” (sejatinya nur), yaitu hati nurani. Jadi ketupat dimaksudkan sebagai lambang nafsu dan hati nurani, yang artinya agar nafsu dunia dapat ditutupi oleh hati nurani.

Pesan yang terkandung di dalamnya adalah agar seseorang dapat mengendalikan diri, yaitu menutupi nafsu-nafsunya dengan hati nurani (dilambangkan nasi bungkus dengan janur). Sebagaimana disadari bahwa di dalam diri manusia terdapat nafsu-nafsu buruk yang dapat mempermainkan manusia itu sendiri.

Di samping itu Tuhan memberikan kepada manusia hati nurani, yaitu suara hati nurani/suara kecil yang memberikan kepada manusia peringatan-peringatan apabila akan melakukan hal-hal yang menyimpang dari garis keutamaan. Oleh karena itu hati nurani merupakan kunci kewaspadaan manusia terhadap perilakunya sehari-hari di dunia ini, hati nurani sebagai alat kendali nafsu-nafsu manusia.

Dalam hubungan ini apabila manusia tidak dapat mengendalikan nafsu-nafsu dunianya, maka seseorang akan menampakkan sifat ego dan tindak yang dilakukannya mencerminkan nafsu angkara. Ini berarti cahaya Tuhan berkurang di dalam menyinari hati manusia. Seharusnya seseorang mampu memerangi nafsu angkaranya sehingga tercapai pengendalian diri yang serasi.

Demikian makna yang terkandung dalam ketupat, yaitu memberikan pesan agar seseorang mampu mengendalikan diri dari nafsu-nafsu buruknya.

2. Ketupat yang dalam bahasa Sunda juga disebut kupat, dimaksudkan agar seseorang jangan suka ngupat, yaitu membicarakan hal-hal buruk pada orang lain karena akan membangkitkan amarah.

Dengan lambang ketupat ini dipesankan agar seseorang dapat menghindarkan diri dari tindak ngupat tersebut.

3. Ketupat, kupat dalam budaya Jawa sebagai “Jarwa dhosok” juga berarti “ngaku lepat”. Dalam hal ini terkandung pesan agar seseorang segera mengakui kesalahannya apabila berbuat salah.

Tindakan “ngaku lepat” ini telah menjadi kebiasaan atau tradisi pada tanggal satu Syawal, yaitu setelah melaksanakan ibadah puasa dengan menyediakan hidangan ketupat berikut lauk pauknya di rumah-rumah, sehingga disebut dengan ketupat lebaran. Semua ini sebagai simbol pengakuan dosa baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa maupun terhadap sesama manusia.

4. Seiring dengan makna di atas dan erat sekali hubungannya dengan tanggal satu syawal, kupat adalah “jarwo dhosok” dari “laku papat” (empat tindakan). Budaya menyediakan hindangan ketupat pada tanggal satu syawal terkandung pesan agar seseorang melakukan tindakan yang empat tersebut, yaitu: lebaran, luberan, leburan dan laburan.

Lebaran, dari kata lebar yang berarti selesai. Ini dimaksudkan bahwa satu syawal adalah tanda selesainya menjalani puasa, maka satu syawal biasa disebut dengan Lebaran. Di hari Lebaran itu diharuskan untuk makan, tidak puasa lagi, puasanya sudah selesai.

Luberan, terkandung arti melimpah ibarat air dalam tempayan, isinya melimpah sehingga tumpah ke bawah. Ini simbol yang memberikan pesan untuk memberikan sebagian hartanya kepada fakir miskin, yaitu sadaqoh dengan ikhlas seperti tumpahnya/lubernya air dari tempayan tersebut.

Hal ini dapat dilihat dalam tradisi Islam, yaitu memberikan sadaqoh atau zakat fitrah pada satu syawal.

Leburan, seiring dengan pengertian ngaku “lepat”, yaitu saling mengaku berasal dan saling meminta maaf dalam budaya Jawa pelaksanaan Leburan dalam satu syawal nampak pada ucapan dari seseorang yang lebih rendah status sosialnya kepada seseorang yang lebih tinggi status sosialnya atau dari anak kepada orang tua, yaitu ucapan “Mugi segeda lebur ing dinten menika”. Maksudnya bahwa semua kesalahan dapat lepas dan dimaafkan pada hari tersebut.

Laburan. Labur (kapur) adalah bahan untuk memutihkan dinding. Dalam hal ini sebagai simbol yang memberikan pesan untuk senantiasa menjaga kebersihan diri lahir dan batin. Jadi setelah melaksanakan leburan (saling maaf memaafkan) dipesankan untuk menjaga sikap dan tindak yang baik, sehingga dapat mencerminkan budi pekerti yang baik pula.

Demikian makna yang terkandung dalam ketupat yang dihidangkan yang makan dapat ingat akan makna dan pesan yang ada dan dapat melaksanakan pesan tersebut dalam wujud sikap dan tindak sebagai pengamalan budi luhur khususnya pada satu syawal dan dalam kehidupan sehari-hari.

5. Ketupat pada saat tertentu digunakan sebagai pelengkap sesaji dalam upacara daur hidup, yaitu untuk pelengkap sesaji selamatan empat bulan orang mengandung. Adapun jenis ketupat yang digunakan adalah ketupat jago, ketupat sinta, ketupat sido lungguh dan ketupat luwar. Belum ditemukan sumber yang mengungkap makna yang ada di dalamnya dan kiranya perlu dikembangkan penelitian lebih lanjut. Dalam upaya memberikan suatu yang baik, maka ketupat sebagai pelengkap sesaji selamatan empat bulan kehamilan diberikan makna sebagai berikut:
- Empat jenis ketupat digunakan, diperkirakan ada hubungannya dengan masa kehamilan empat bulan.
- Ketupat jago, dikandung maksud agar kelak jabang bayi yang akan lahir apabila laki-laki diharapkan dapat menjadi jago, yaitu mempunyai watak kesatriya dan mempunyai kedudukan yang tinggi.
- Ketupat sinta. Sinta adalah simbol wanita cantik dan berbudi luhur. Dalam hubungan ini diharapkan apabila anak yang akan lahir adalah wanita, memiliki paras yang cantik dan berbudi luhur.
- Ketupat sido lungguh. Ada keyakinan bahwa pada kehamilan empat bulan Tuhan Yang Maha Esa meniupkan roh pada si jabang bayi, dengan demikian dalam kehamilan empat bulan jabang bayi yang di dalam kandungan menjadi sempurna lahir batin, dalam arti sebagai manusia kecil yang telah diberi unsur jiwa dan raga. Demikian pula jabang bayi yang diberikan kedudukan (sido lungguh) sebagai manusia kecil.
- Ketupat luwar. Ketupat luwar diberikan arti lepas atau keluar. Simbol ini memberikan pesan agar kelak jabang bayi dapat lahir dengan mudah dan selamat. Juga simbol ini memberikan pesan “ngeluwari ujar”, yaitu lepasnya suatu harapan. Dalam hubungan dengan kehamilan berarti tercapainya harapan orang tua yang menginginkan anak melalui proses kehamilan. Dalam hal lain ketupat luwar digunakan sebagai sarana upacara yang terkandung maksud telah tercapainya suatu yang diinginkan.
- Dari uraian yang sangat terbatas tentang ketupat tersebut dapat diketahui sekaligus memberikan gambaran bahwa perlu adanya pengembangan lebih lanjut tentang ketupat, baik sebagai karya budaya yang dapat menghasilkan sesuatu yang memiliki nilai seni, maupun sebagai ungkapan budaya yang merupakan simbol yang memiliki makna dan pesan baik.

Demikianlah ketupat perlu dimasyarakatkan dalam rangka menambah wawasan khasanah budaya bangsa.

Sumber:
Tim Koordinasi Siaran Direktorat Jenderal Kebudayaan. 1995. Aneka Ragam Khasanah Budaya Nusantara VI. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Arti Sebuah Motivasi

Ada sebuah cerita yang berkisah tentang saudagar kaya yang sedang mengadakan pesta besar-besaran. Seluruh warga diundang ke acara tersebut tanpa terkecuali. Hidangan yang tersaji sangat lengkap dan menggugah selera,dan tak ketinggalan acara hiburan dengan diisi oleh artis-artis ibukota.

Di tengah-tengah lokasi pesta terdapat sebuah kolam yang telah diisi dengan berbagai macam ular berbisa dan buaya-buaya rawa yang kelaparan.
Saudagar kaya raya ini akan mengadakan sayembara untuk para tamunya yang hadir di acara tersebut.

Barangsiapa yang mampu melewati kolam tersebut dengan selamat maka untuknya disediakan 3 pilihan hadiah;
1. Akan dinikahkan dengan anaknya yang cantik jelita bak Madonna pulang dari salon.
2. Diberi 100 hektar ladang kelapa sawit yang siap panen.
3. Atau hadiah berupa uang tunai 100 juta plus perhiasan.
Sungguh merupakan pilihan hadiah yang menarik buat pengunjung pesta tersebut.

Belum selesai sang saudagar menyelesaikan kata-kata sambutannya, mendadak dari arah kolam ada yang nyebur ke dalamnya. Diikuti dengan gerakan renang yang sigap melintasi kolam tersebut tanpa menghiraukan ular berbisa dan buaya yang ada di dalamnya. Akhirnya dia berhasil melintasinya dengan selamat meski sekujur tubuhnya penuh luka.

Seluruh hadirin terpana menyaksikan antusiasme yang baru saja ditampilkan oleh pemuda berusia 28 tahun tersebut.
Sang saudagar kaya dan keluarganya pun tertarik dengan keberanian pemuda itu.
Sang saudagar kemudian menghampiri pemuda tersebut,dan menanyakan hadiah apa yang akan dipilih pemuda itu.
Sambil terengah-engah pemuda itu menggelengkan kepala. Dengan penasaran tuan rumah bertanya ''lalu apa yang anda cari??''
Si pemuda menjawab dengan mantap ''Saya hanya ingin tahu siapa yang mendorong saya kedalam kolam tadi?''
------------------------------------------



Terkadang di dalam melakukan aktivitas sehari-hari kita membutuhkan dorongan (motivasi) yang kuat untuk membuat kita lebih berani bertindak.

Terkadang kita langsung menjawab ''tidak bisa'' padahal belum mencoba, malah kadang tidak bersedia sekalipun sudah diberikan peralatan yang memadai.

Di sinilah perlunya dorongan/motivasi dari orang lain.
Pada kenyataannya banyak individu yang tidak produktif tanpa ditakut-takuti terlebih dahulu. Contohnya buruh-buruh yang musti selalu diawasi baru dapat bekerja secara maksimal. Hal ini sama saja dengan mematikan kreativitas dan daya saing seseorang, sehingga ia tak ubahnya seperti robot.
Sebaliknya ada buruh yang bisa bekerja sendiri tanpa harus diawasi secara ketat. Yang demikian telah merasakan proses pemberdayaan yang tinggi dalam unit kerjanya.

Adapun dorongan atau motivasi bisa dilakukan melalui beberapa cara:


Fear Motivation
Merupakan dorongan yang sifatnya menakut-nakuti. Biasanya adalah pemberian sanksi bila tidak melakukan hal yang sebagaimana mestinya.


Inspiring Motivation
Dorongan yang sifatnya inspiratif, biasanya dilakukan dengan memberikan arahan-arahan dan keteladanan/contoh perbuatan yang jelas.

Meskipun para ahli mengatakan inspiring motivation adalah yang efektif tapi hal ini bisa berbeda penerapannya terhadap tiap-tiap individu, tergantung karakteristik masing-masing serta kondisi pekerjaan yang dilakukan.

Arti mendasar dari dorongan adalah keberanian untuk bertindak. Dorongan-dorongan yang ada dalam diri untuk berkarya akan mewarnai sejauh mana tingkat profesionalisme seseorang. Seperti kata Bp. Parlindungan Marpaung dalam bukunya yang berjudul Setengah Isi Setengah Kosong ''seorang profesional tidak hanya tahu dan ahli terhadap sesuatu, melainkan juga seseorang yang dapat melakukan pekerjaan terbaiknya saat dia merasa tidak ingin melakukannya.''




Mengenang Yang T'lah Pergi

Tak perlu larut dalam kesedihan.
Tak perlu terus kau tangisi,
dan yang t'lah pergi tak 'kan kembali.

Ikhlaskan kepulangannya.
Maafkan segala kesalahannya.
Dan doakan semua amal ibadahnya diterima.

Selamat berpulang.
Tunggu kami yang 'kan dapat giliran.

Menjumpai-NYA

Innalillahi wainnailaihi raji'uun...



Special: untuk orang-orang yang ditinggalkan

Pencarian

Yang aku cari bukanlah bidadari.

Ingin kudapati wanita yang tepat,
untukku,
keluargaku,
hidupku.

Di saat ini,
dan di masa nanti.

Yang aku nanti bukanlah perawan suci.

Yang kubutuhkan adalah perempuan yang mengerti,
diriku,
keadaanku,
dan segala yang ada di dalam pikiranku,
dan di dasar jiwaku.

Mustahilkah yang aku cari?
Ke manakah wanita itu pergi?
Akan datangkah perempuan itu?
Atau memang aku tak pantas untuk mereka yang kucari?

Begitu lelah aku mencari.
Merapuh jenuh aku menunggu.
Dan pencarianku belum berakhir.

Masih tersisa babak-babak baru.
Yang mengiringi pencarianku.

Dan Kuketuk Hatimu

Sudah seharusnya kamu tak mau kukunjungi di rumahmu
Apa kata tetanggamu tentang pendosa sepertiku.

Sudah sepatutnya kau malu jalan denganku
Apa kata muridmu bila melihat aku berdua denganmu.

Memang sepantasnya kau rahasiakan aku dari orangtuamu
Apa yang bisa mereka lihat dari masa depanku yang kelabu.

Memang sewajarnya kau hapus aku dari pikiranmu
Karena sebaik-baiknya diriku tak akan pernah masuk akal buatmu.


Inilah diriku...

Seperti apa yang kautahu.
Tolong tengok jauh ke dalam hatimu.

Saat kuketuk relung jiwamu.

Gorengan Renyah Pembawa Masalah

Pagi ini kuterbangun di depan televisiku yang sedang menayangkan berita anggota dewan yang tersangkut masalah kesusilaan. Bagiku hal ini sudah biasa dan tak terlalu mengejutkanku. Setelah berita ini selesai barulah aku terbengong-bengong heran menyaksikan berita yang terpampang di hadapanku.

Aku yakin temen-temen semua termasuk penikmat gorengan. Mulai dari mendoan,  bakwan, tahu isi, hingga ayam crispy. Meskipun secara kesehatan kita semua sudah pada tahu kalau gorengan tidak baik buat kesehatan --- kandungan kolesterol yang tinggi, tetap saja kita menyantap gorengan-gorengan tersebut dengan lahap. Apalagi kalo anget-anget weh dijamin maknyussh. . .

Setelah menyaksikan berita di televisi tadi pagi, ada baiknya kalau kita berhati-hati saat membeli gorengan. Karena tidak semua penjual gorengan memperhatikan kelayakan gorengannya untuk disantap konsumen.
Ada oknum-oknum pedagang gorengan yang secara nakal mengakali supaya gorengannya lebih tahan lama kerenyahannya dan menghemat minyak goreng.
Di berita pagi tadi diperlihatkan bagaimana cara membikin gorengan menjadi lebih renyah dan tahan lama. Mereka memasukkan plastik bekas atau styrofoam ke dalam minyak yang mendidih. Setelah plastik tersebut larut barulah makanan tersebut digoreng *busyettt dah* dan jadilah gorengan yang renyah dan tahan lebih lama dibanding gorengan yang digoreng secara wajar.

Bayangkanlah. . .! Gorengan yang mengandung kolesterol tinggi itu kini menjadi semakin berbahaya bagi penyantapnya karena bercampur dengan bahan plastik atau styrofoam. Dan konon menurut ahli kesehatan, gorengan yang semacam ini tak layak untuk dimakan karena bisa membahayakan kesehatan. Di antaranya bisa menimbulkan kerusakan jaringan di dalam tubuh, menyebabkan impotensi, gangguan kehamilan dan janin, untuk ibu menyusui juga berbahaya buat bayinya.
Jadi hati-hatilah anda jika anda merupakan penggemar gorengan yang renyah. Telitilah sebelum membeli. Ada perbedaan yang bisa kita jadikan patokan untuk memilih gorengan yang digoreng secara wajar. Berikut ciri-ciri gorengan yang digoreng menggunakan campuran plastik:
 

- ada bintik/bercak berwarna putih di gorengan tersebut
- coba patahkan gorengan tersebut, kalau patahan terigunya memanjang dan tidak ada remukannya, kemungkinan gorengan ini bercampur dengan bahan plastik.

Padahal beberapa hari yang lalu juga muncul berita di mana ditemukan penjual gorengan yang mencampur minyak gorengnya dengan oli bekas untuk menghemat pemakaian minyak goreng, dan sekarang ternyata ada yang menggoreng dengan memasukkan plastik ke dalam minyaknya. . . Ughhh demi keuntungan segala macam kecurangan digunakan, tanpa peduli efek yang ditimbulkan.

Masih gemarkah anda menyantap gorengan?? Sebaiknya berhati-hatilah terhadap masalah yang ditimbulkan.

Bangkit Bersama

Saat ini bangsaku tercinta tengah merayakan peringatan 100 tahun kebangkitan nasional. Pemerintah membikin program Visit Indonesia 2008 100 years awakening. Televisi berulang kali menayangkan iklan yang membangkitkan rasa kebangsaan. Film kuno berjudul Nagabonar pun diputar ulang di bioskop-bioskop untuk menggugah rasa nasionalisme yang mulai pudar dari jiwa orang-orang Indonesia. Bahkan ada beberapa yang malu menjadi warga negara Indonesia.

Tahun ini diperingati sebagai 100 tahun kebangkitan nasional,merujuk didirikannya organisasi Boedhi Oetomo (BO) pada tanggal 20 mei 1908. Pada saat masih SD aku bertanya pada guruku kenapa berdirinya BO diperingati sebagai hari kebangkitan nasional? Guru SDku yang baik hati namun lugu menjawab karena BO adalah organisasi pertama yang berdiri di Indonesia. Kemudian aku bertanya kenapa bukan tanggal berdirinya Syarikat Dagang Islam (SDI) yang diperingati, bukankah SDI berdiri tahun 1905? Guruku nan lugu menjawab karena orientasi SDI lebih ke perdagangan dan agama,bukan berorientasi pada PERSATUAN dan NASIONALISME. Aku pun manggut-manggut terdiam, namun hatiku tak puas dan berontak mengatakan ada ketidakadilan di sini.
Ugh...berbekal pengertian dari guruku itu aku pun menganggap 20 Mei diperingati sebagai hari kebangkitan nasional. Mungkinkah orang-orang pandai di negeri ini juga mendapat pelajaran yang sama denganku waktu SD? Hingga akhirnya semua orang sepakat bahwa tonggak kebangkitan nasional adalah tanggal berdirinya Boedhi Oetomo.

Entah mengapa tiap aku belajar tentang sejarah Indonesia, aku selalu merasa bukan belajar history,melainkan belajar his-story. Semua serba kabur dan sering ada dua pandangan di dalamnya.
Misalnya hilangnya 7 kata dalam mukadimah UUD45, tentang naskah teks otentik Supersemar yang konon gak pernah ada, dan masih banyak lagi sejarah yang selalu menjadi pertanyaan di hati kecilku. Hehe tiap membaca sejarah Indonesia aku selalu berkata lirih ''ugghh.. dongeng mana sih yang benar? Membingungkan!!''

Berikut ini sebuah penuturan lain tentang Boedhi Oetomo dan Sarekat Dagang Islam.. Dan mengapa tanggal 20 Mei diragukan sebagai hari kebangkitan nasional. (Sumber: eramuslim.com)
 

Organisasi Boedhi Oetomo (BO) sama sekali tidak pantas dijadikan tonggak kebangkitan nasional. Karena BO tidak pernah membahas kebangsaan dan nasionalisme, mendukung penjajahan Belanda atas Indonesia, anti agama, dan bahkan sejumlah tokohnya ternyata anggota Freemasonry. Ini semua mengecewakan dua pendiri BO sendiri yakni Dr. Soetomo dan Dr. Cipto Mangunkusumo, sehingga keduanya akhirnya hengkang dari BO.
Tiga tahun sebelum BO dibentuk, Haji Samanhudi dan kawan- kawan mendirikan Syarikat Islam (SI, awalnya Syarikat Dagang Islam, SDI) di Solo pada tanggal 16 Oktober 1905. "Ini merupakan organisasi Islam yang terpanjang dan tertua umurnya dari semua organisasi massa di tanah air Indonesia, " tulis KH. Firdaus AN.
Berbeda dengan BO yang hanya memperjuangkan nasib orang Jawa dan Madura- juga hanya menerima keanggotaan orang Jawa dan Madura, sehingga para pengurusnya pun hanya terdiri dari orang-orang Jawa dan Madura-sifat SI lebih nasionalis. Keanggotaan SI terbuka bagi semua rakyat Indonesia yang mayoritas Islam. Sebab itu, susunan para pengurusnya pun terdiri dari berbagai macam suku seperti: Haji Samanhudi dan HOS. Tjokroaminoto berasal dari Jawa Tengah dan Timur, Agus Salim dan Abdoel Moeis dari Sumatera Barat, dan AM. Sangaji dari Maluku.
Guna mengetahui perbandingan antara kedua organisasi tersebut-SI dan BO- maka di bawah ini dipaparkan perbandingan antara keduanya:

Tujuan:
- SI bertujuan Islam Raya dan Indonesia Raya,
- BO bertujuan menggalang kerjasama guna memajukan Jawa- Madura (Anggaran Dasar BO Pasal 2).

Sifat:
- SI bersifat nasional untuk seluruh bangsa Indonesia,
- BO besifat kesukuan yang sempit, terbatas hanya Jawa-Madura,

Bahasa:
- SI berbahasa Indonesia, anggaran dasarnya ditulis dalam bahasa Indonesia,
- BO berbahasa Belanda, anggaran dasarnya ditulis dalam bahasa Belanda

Sikap Terhadap Belanda:
- SI bersikap non- koperatif dan anti terhadap penjajahan kolonial Belanda,
- BO bersikap menggalang kerjasama dengan penjajah Belanda karena sebagian besar tokoh- tokohnya terdiri dari kaum priyayi pegawai pemerintah kolonial Belanda,

Sikap Terhadap Agama:
- SI membela Islam dan memperjuangkan kebenarannya,
- BO bersikap anti Islam dan anti Arab (dibenarkna oleh sejarawan Hamid Algadrie dan Dr. Radjiman)

Perjuangan Kemerdekaan:
- SI memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dan mengantar bangsa ini melewati pintu gerbang kemerdekaan,
- BO tidak pernah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dan telah membubarkan diri tahun 1935, sebab itu tidak mengantarkan bangsa ini melewati pintu gerbang kemerdekaan,

Korban Perjuangan:
- Anggota SI berdesak- desakan masuk penjara, ditembak mati oleh Belanda, dan banyak anggotanya yang dibuang ke Digul, Irian Barat,
- Anggota BO tidak ada satu pun yang masuk penjara, apalagi ditembak dan dibuang ke Digul,

Kerakyatan:
- SI bersifat kerakyatan dan kebangsaan,
- BO bersifat feodal dan keningratan,

Melawan Arus:
- SI berjuang melawan arus penjajahan,
- BO menurutkan kemauan arus penjajahan,
Kelahiran:
- SI (SDI) lahir 3 tahun sebelum BO yakni 16 Oktober 1905,
- BO baru lahir pada 20 Mei 1908,
Seharusnya 16 Oktober
Hari Kebangkitan Nasional yang sejak tahun 1948 terlanjur diperingati setiap tanggal 20 Mei sepanjang tahun.

Dalam kebodohanku aku berpikir...
''apa yang telah aku berikan untuk Indonesiaku tercinta?''

My ny

Image hosted by servimg.com

Famous username: rannyraiNy


Other username:
- ranny
- fairyprincess
- noNyranNyraiNy
- ladyrain
- auliaraiNy
- rannyfairy

A/S/L: 23 female, Manado, Indonesia.


Description: Cewe manja ini sudah sekitar satu tahunan kenal denganku. Awalnya dia tertarik sama blogku yang ada di reporo, Ny nanya apakah aku suka ngeblog di tempat laen. Hehehe aku kan gak punya maklum aja gaptek abis. Asyik banget ngobrol sama Ny, anaknya nyantai jadi kayak sudah kenal lama saja, orangnya juga suka berterus terang dan sama sekali gak berkesan misterius kayak para chatter yang lainnya.

Sekarang aku sudah punya blog selain di reporo, ini berkat Ny yang ngedorong aku bikin blog, yah walau hancur blog ini tapi setidaknya bisa aku pakai untuk nuangin uneg-uneg yang ada di hati, hkhkhk biarpun cuma modal hp doank yang penting ngeblog jalan terus.. Makasih ya Ny.

Kembali ke Ny ah. Ny baru saja lulus dari fakultas pertanian UNSRAT Manado (ralat: udah 2 tahun lulus ternyata). Hobbynya antara lain; baca, nonton, dengerin music, blogging, chatting, photo, shopping, dan yang paling utama ya lihatin hujan hwehehehe. Penyuka music clasic, pop, r&b, jazz, alternative ini menyukai buku-buku karya Dan brown dan Habiburahman. (Eh Angel And demon bagus gak Ny?)
Tiap lihat tipi gak pernah bosen mantengin Oprah sama Kick Andy, eh iya demen sama Jelang Siang juga ding.


Wes pokoknya dijamin maknyus punya temen seperti Ny, sama temen selalu care, walau kadang seneng berantem juga sih hehe alasannya Ny gak suka kalau ada temen yang disakiti, jadi Ny pasti bakalan belain sampai titik pulsa penghabisan.


Buat Ny aku ucapin banyak terima kasih hehe jangan pecaya sama isu-isu yang ngomongin siapa diriku, apa yang aku bilang sama Ny bener adanya.
Maaf yak agak lama post profil Ny, hehe kirain Ny gak mau dipublikasikan sih.
Sekali lagi terima kasih...



"when u hold my hand i understand the magic that u do... u are my dreams come true"

Dindingku Sayang

Image hosted by servimg.com


Hoarggh..
Kembali pada kegemaranku yang tak pernah berhenti.
Bicara pada dinding yang mati.
Tak bicara,
membisu,
tanpa kata.

Ke manakah teman-temanku saat aku butuh,
ungkapkan segala resah hati,
bicarakan gundah yang menghimpit jiwa.

Semua sibuk dengan kepentingan masing-masing.
Temanku pun punya masalah di hidupnya.
Manalah mungkin aku menuntut.
Suaraku tak pantas didengar.
Biarkan saja bias terbawa angin,
lenyap,
tanpa bekas.

Hanya dinding ini yang selalu setia.
Mendengar keluh kesah,
ratapan,
dan tangisan hidupku.

Tanpa bosan!

Daftar Nickname Zannu

Image hosted by servimg.com


Seorang "anakletus" di "desakuyangpermai" yang minta di"panggilaqzannu" telah menemukan objek aneh di dalam "taskresek" di pelosok Papua sana, tepatnya di sebuah "rowokangkung" *liat gambar*.



Diduga benda ini merupakan peninggalan kerajaan "singhosari" benda serupa juga pernah ditemukan di "kalibrantas" . Objek ini konon bisa bicara walau "articulate nya tidak jelas.


Menurut si "botaknangenius" benda ini merupakan manuskrip dari "thoiletbeltingkat" yang dibawa "alienplanetbumi" yang bertugas "nyangkuldplanetmars".


Sekilas benda ini mirip "botoltelbang" ,ada juga kemungkinan benda ini bikinan "mpusekop" di jaman raja "tunggulametung".


Apakah benda ini dari luar angkasa? Ataukah dari masa lampau?

"mbuhgaeruh",sampai "ngelundazku" memikirkannya, tubuh jadi "capetatertahan". Mungkinkah sudah "gadaharapan" untuk mengetahui benda apakah ini. Mungkin ini tanda dimulainya jaman "kemusnahantempe" !!

Teman?

Image hosted by servimg.com

Tiap-tiap orang punya definisi yang berbeda tentang 'teman', dan sejauh mana seseorang bisa dianggap sebagai teman. Apakah sebatas perkenalan doank lalu bisa dianggap sebagai teman? Ataukah musti diketahui dulu pribadinya sehingga dapat menjadi teman? Atau seseorang yang menyenangkan hati kita baru bisa disebut teman?

Uhh repot amat..!!


Kalau aku pribadi selalu menganggap semua orang itu teman. Baik di dunia nyata atau yang di cyber semua selalu aku anggap sebagai teman. Di belahan bumi mana pun dan tak terbatas ruang dan waktu. Bahkan aku selalu menganggap segala sesuatu di dekatku adalah teman. Gak peduli itu mahluk hidup atau benda mati.

Kalau pun temanku itu menyenangkan hatiku, aku akan menganggapnya sebagai teman yang baik.
Kalau temanku sering membuatku tertawa,dialah temanku yang lucu.
Kalau temanku itu menyakiti hatiku, aku tetap menganggapnya sebagai teman yang tidak baik.
Kalau temenku itu suka menipu, aku anggap dia sebagai teman yang tidak jujur.
Kalau ada orang yang membenciku, aku akan anggap dia sebagai teman yang tidak menyukaiku.

Biarlah orang lain bebas menetukan aku ini seperti apa yang mereka pikirkan, aku tak ambil pusing memikirkannya.
Mau dianggap baik silakan,
Mau dianggap jahat silakan,
Mau dianggap penipu monggo wae.
Terserah kalian sajalah..

Kesimpulannya teman buatku adalah segala sesuatu yang ada di sekelilingku dan menyertaiku mengarungi perjalanan hidup, dengan peranan dan pilihannya masing-masing.

Senja Makin Merah

Sore sore ndekem nang kamar.
Plonga plongo gak weruh karepe ati.
Weteng luwe tapi ra doyan mangan.
Keganggu pikir gojek nang ati.

Esemmu pancen hebat tenan.
Nadyan adoh,ati tansah kelingan.
Duh biyung kuwi lho sing angreridu ati.
Bocah ayu kang gawe angel turuku.

Tambah sore tambah ngantuk.
Pengen turu tapi raiso merem.
Ayang-ayangmu nang ngarep mata.
Esemmu nelesep nang jeroning ati.

Tapi awakmu gak jelas nang ndi..

Cintaku

Orang macam aku mana boleh banyak mengharap?
Aku mencintamu bukan karena ingin kaucinta.
Aku mencintamu karena ingin melihat kau bahagia,
ingin membikin hidupmu cemerlang penuh kegembiraan.

Aku ingin seperti matahari,
memberi penerangan dan kehangatan kepadamu tanpa mengharap kauingat atau cinta padaku.

Aku ingin menjadi suamimu agar aku dapat selalu menjagamu,
melindungimu,
menghiburmu,
melihat engkau bahagia,
karena,
kebahagiaanmulah yang menjadi dasar kebahagiaanku.

Cerita Cinta Seekor Burung Malam

          Seekor burung muda yang berkelana di gelap malam. Terbang bebas menembus gelap malam. Tanpa teman dan kerabat. Terpana burung ini akan keindahan purnama. Yang gemilang cahayanya terangi malam. Seketika itu jatuhlah hati burung muda itu.

          Setelah lewat lima purnama. Malam ini bulat tekad burung muda itu. Ingin terbang menjemput purnama. Dan ungkapkan seluruh isi hatinya. Dengan kebulatan tekad dia melesat ke angkasa. Sungguh keyakinan yang sia-sia karena apalah daya burung muda itu. Purnama terlalu tinggi tuk dijangkau. Sayapnya tak lagi mampu terbang lebih tinggi. Dengan penasaran bercampur luka. Burung muda kembali ke sarangnya.

          Malam ini purnama ke tujuh. Langit cerah tanpa mega. Purnama bersinar dengan eloknya. Teduhkan hati yang penuh cinta. Burung muda kembali terbang. Mencoba dekati purnama. Saat melintasi telaga. Burung muda berseri melihat purnama ada di bawahnya. Tanpa dia tahu kalau itu cuma bayangan purnama. Diliputi hati yang penuh rindu. Burung muda itu melesat turun menuju telaga. Tanpa berpikir panjang. Ditembusnya air telaga itu dengan tubuhnya. Apalah daya burung muda itu. Dingin air telaga tenggelamkan burung muda itu. Cintanya pada purnama mengakhiri hidupnya. Selamat jalan burung muda.

Setan Premium

Kejadian membingungkan ini terjadi tadi siang, begini ceritanya...

Aku hari ini masuk kerja jam 6 pagi, pada saat aku mau berangkat kerja aku lihat level meter bahan bakar di sepeda motorku sudah mau habis *nyentuh garis merah*. Menurut pengalamanku kalau sudah begitu aku musti isi bbm motorku, karena dia cuma bisa untuk berangkat tapi gak bisa untuk pulang.

Aku sudah masuk ke SPBU yang ada di dekat rumah, tapi sial banget, pagi itu antriannya panjang banget, daripada telat kerja, yaudah aku lanjut saja ke tempat kerja, urusan bensin ntar setelah nyampai ke tempat kerja baru beli di SPBU yang ada di dekat tempat kerjaku.

Hari ini pabrik libur, yang di pos cuma aku sama temenku satu.
Setelah absen aku ke SPBU deket pabrik *skitar 500 Meter* aku isi bbm 10 ribu *biasana habis dalam waktu 3 atau 4 hari* Seperti biasa aku selalu lihat meteran di SPBU pada saat mereka melayaniku. Setelah beres aku langsung kembali ke pos *ugh..aku lupa cek level bbm di motor*
Aku pun kerja seperti biasa, pada saat istirahat aku pake motorku ke mushola yang ada di bagian belakang pabrik *masih belum ada yang aneh* jadi posisinya aku istirahat sekalian jaga di belakang pabrik trus temenku di pos depan. Kemudian kami gantian, aku yang di depan temanku istirahat di belakang. *masih tetep gak ngerasa ada yang aneh*

Nah keanehannya muncul pada saat aku pulang, kurang 1 Km lagi nyampai rumah mendadak aku melihat level bbmku sudah di garis merah lagi *busyett aku ngira level bbm motorku rusak* kemudian aku mampir beli pulsa sebelum pulang ke rumah. Iseng aku buka jok trus aku buka tutup tangki motorku *wekz* bensin di dalam tangki sudah tinggal sedikit. Ah mungkin tangkiku bocor *pikirku* aku langsung isi bensin lagi di SPBU terdekat.

Begitu selesai diisi aku langsung pulang, aku lihat level bbm motorku sudah full, trus aku cek gak ada yang bocor, aku biarin dulu motor parkir sampai malam, dan terbukti gak ada bbm yang bocor. Makin bingung aku mikirin kenapa mendadak bensin bisa habis tanpa kepakai *ugh*

Apakah mungkin tadi aku dikerjain sama penunggu pabrik tempat aku bekerja *hiiy..* soalnya memang sering aku mengalami kejadian aneh saat bertugas di situ.
Ataukah mungkin setannya adalah SPBU yang pertama kali aku beli bensin tadi pagi??
Mungkinkah mereka melakukan kecurangan yang gak aku sadari??

Ah yang jelas ini terjadi karena kekurang telitian dan kurang waspadanya diriku.

Hkhkhk benar-benar gak masuk akal kalau mendadak bensin habis dengan sendirinya. Padahal kondisi motorku normal. Sampe aku nulis ini pun aku masih gak menemukan jawabannya *wekz*

Ijinkanlah

Wahai jiwa yang kering tanpa cinta.
Ijinkanlah aku membasuhmu dengan air rinduku.
Wahai hati yang beku sedingin salju.
Perkenankan aku hangatkanmu dengan bara asmara.

Aku tak pandai mengucap kata-kata cinta
Aku juga tak cakap mendifinisikan cinta.
Yang kutahu hanya cinta itu mulia
Yang kumengerti hanya rasa itu ada.

Wahai jiwa yang merindu cinta.
Terimalah rinduku bersama cinta.
Wahai hati yang dingin menahan rindu.
Biarkan selimut kasihku hangatkan jiwamu.

Buka pintu hatimu
Dan rasakan cinta!!!

Tuan Achung



Famous username: dadung


Other username:
-R1DADUNG
-R1SAMBA
-J1R3Y4


A/S/L: 27 Male Jakarta,Indonesia


Description:
Dadung merupakan pemain lama di reporo. Gak tahu kapan dia pertama kali onlen di reporo. Seingatku pertama kali aku di reporo sudah ada yang namanya Dadung.

Selain bahasa Indonesia, Dadung juga pandai berbahasa Kanton, hehehe jadi pengen belajar nih kali aja ketemu sama Wong Fei Hung hehehehe...

Dadung sangat tertarik dengan gadget. Otak-atik hape merupakan kegiatannya di waktu senggang. Hkhkhk ganti-ganti hape juga merupakan hobynya, entah sudah berapa kali Dadung ganti hape, tiap kali ketemu Dadung pasti dia sudah ganti hape baru, hkhkh kayak konter hape.

Sekarang Dadung sudah jarang nongol di room, gak tahu deh dia sibuk private atau memang jarang log in di reporo. Soalnya Dadung juga sering main di YM sama Yehba.

Makasih ya bro sudah mau temenan sama aku. Sudah mau jawab pertanyaanku tentang hape. Hehe maklum saja aku memang gaptek plus ndeso.
Thanks


-dung dung es dung dung-

Hidup dan Kehidupan

Image hosted by servimg.com


Hidup betapa penuh rahasia,
manusia tenggelam-timbul
dalam permainannya.

Terhimpit di antara suka dan duka.
Matang mengeriput di antara
tangis dan tawa.

Selalu mengejar kesenangan,
selalu menghindari ketidaksenangan.
Menimbulkan perbandingan
dan pilihan
oleh dwi unsur.

Manusia dipermainkan,
mengapa suka?
mengapa duka?
mengapa mengejar kepuasan?
mengapa menghindari kekecewaan?

Hadapilah semua ini,
dengan kewaspadaan wajar dan murni.
Tidak menolak tidak menerima,
hanya memandang apa adanya.

Bebas dari pengalaman dan pengetahuan,
tidak mencari tidak menyimpan.
Di dalam apa adanya,
kenyataan mengandung keindahan,
cinta kasih kebenaran!

Sadar Diri

Image hosted by servimg.com


* Mengerti akan orang lain adalah pandai.


* Mengerti akan diri sendiri adalah bijaksana.


* Menaklukkan orang lain adalah kuat tubuhnya.


* Menaklukkan diri sendiri adalah kuat batinnya.


* Yang puas akan keadaan diri sendiri adalah kaya raya.


* Yang memaksakan kehendak adalah orang nekat.


* Yang tahu akan kedudukannya akan terus berlangsung.


* Mati dalam kebenaran berarti panjang usia.

Ipeh

Image hosted by servimg.com

Famous username: niakania



Other username:
-kaniarenata
-niafyannia
-lautbiru
-ipeh
-and many more yang pakai nia (hkhk puyeng mikirin nik kamu ah)


A/S/L: 25 female Pondok Gede, Jakarta,Indonesia.



Description:
Ugh,mendadak males neh deskripsiin si Ipeh. Habisnya yang diinget sama dia tuh cuma makan, makanan dan makan makanan.
Kalau ngomong sama dia ya pasti soal makanan, mulai dari tahu isi, tempe bacem, donat, pisang bakar, gethuk lindri, tempe penyet, sego kucing, bandeng presto, ikan teri, yah tape dweh yang dipikir cuma makanan mulu :s


Dia sih ngakunya periang dan seneng becanda, tapi gak tahunya dikit-dikit nangis, dikit-dikit ngambek, bentar-bentar marah, hkhkh gak jelas dan membingungkan.

Si Ipeh lulusan UNDIP, trus katanya mau nerusin ke S2, hkhkhk tapi nunggu donatur yang mau kasih beasiswa. Sekarang kerja di NGO (hkhk aku gak tahu "NGO" itu apaan, mungkin kependekan dari plonga-ploNGo xixixixixi...) Kata dia sih sebuah LSM di jakarta gitu.


Putri Solo ini seneng banget nonton moto GP, tapi yang bikin aku heran diboncengin naik sepeda onthel dengan kcepatan 30Km/jam saja dia sudah teriak-teriak minta turun (ugh..bener-bener aneh)
Ipeh termasuk penggemar film holor (maap bukan horor lho). Kalo yang gak tahu apa itu film holor bisa kontak langsung ke Ipeh buat konfirmasi.


Ada cerita tragis antara aku dan Ipeh, dulu sempat aku dan Ipeh mau menikah, tapi akhirnya gagal total. Pada saat akan ijab qobul aku kebingungan nyari sendalku yang hilang, jadinya terlambat sampai tujuan, dan ternyata penghulunya juga kehilangan peci pas sedang ngebut pake motor bebek ke tempat pernikahan, pas mau ngambil peci lagi ban motornya pecah sampai tujuh kali, nah telat juga deh penghulunya.
Tinggalah si Ipeh yang bengong trus ketiduran sambil ngiler di tempat pernikahan.
hikz bener-bener tragis dan gak mungkin terjadi.


Buat Ipeh aku ucapin makasih yg sebesar-besarnya atas waktu dan tempat yang diberikan untuk menghina Ipeh sampe titik darah penghabisan, hkhk.
Mohon maaf atas segala khilaf yang tersirat dan tersurat (jah malah kayak pidatonya pak penghulu)

Makasih atas kesediannya berteman denganku.
Thanks,thanks,n thanks




''wekkkkzzzz...again?''

Secuil dari Ayat Ayat Cinta



Aku adalah lumpur hitam

yang mendebu

menempel di sandal dan sepatu

hinggap di atas aspal

terguyur hujan

terpelanting masuk comberan

siapa sudi memandang

atau mengulurkan tangan?

Tanpa uluran tangan Tuhan

aku adalah lumpur hitam

yang malang




dikutip dari: Ayat Ayat Cinta : Bab 19 : hal 219
By: Habiburrahman El Shirazy




Puisi di atas benar-benar telah membuatku mengerti apa yang selama ini terus-menerus aku pertanyakan.
Berkali-kali aku buka halaman 219 dari novel Ayat Ayat-ayat Cinta untuk meyakinkan diriku bahwa itulah jawaban yang aku inginkan.

Bertahun-tahunn aku disibukkan mencari jawaban ''siapa aku?'' Aku gak pernah puas dengan jawaban jawaban yang telah aku terima. Aku terus mencari hingga kutemukan rangkaian kalimat di atas.

Tiap individu tentu berbeda beda dalam menafsirkan kalimat-kalimat tersebut. Hanya penulisnya yang tahu persis tentang apa yang dimaksud. Tapi buatku tulisan di atas cukup untuk menjawab pertanyaan ''siapa aku?''

Sekaya apa pun diriku atau semiskin apa pun diriku, aku hanyalah lumpur hitam.
Seindah-indahnya wajahku atau seburuk-buruknya tampangku, diriku tak lebih dari lumpur hitam.
Sebagus-bagusnya ahlaqku atau sebejat-bejatnya sifatku, diriku tetaplah lumpur hitam.

Aku tercipta dari lumpur hitam, dan tanpa uluran tangan-Nya aku tetaplah lumpur hitam.
Pantaskah aku untuk menyombongkan diri jika aku hanyalah segumpal lumpur hitam?

Semoga Allah mengulurkan tangan-Nya untuk lumpur hitam yang malang ini.
Amien...

bULeNeecH

Image hosted by servimg.com
Famous username: mizuki_ashiya_bULe


Other username: -bULeNeecH
-boele17


A/S/L: 23 female Depok, Jawa Barat, Indonesia.


Description:
Bule yang ini bukan bule dari luar negri sono. Yang ini mah bule Depok. Kerja di sebuah univesitas swasta di Jakarta (hkhk gak aku sebutin saja daripada kena revisi), eh sudah tetap apa masih magang? (hehe maap Le gua lupa).


Punya jiwa sosial yang tinggi, friendly, anaknya lugas gak suka bertele-tele, menguasai beberapa bahasa asing (Jepang, English, Jerman dan Sunda). Periang dan suka sama petualangan.

Ngobrol sama Bule asyik banget gak terasa tahu-tahu pulsa sudah habis ckikikikiki.
Enak banget diajak diskusi, bisa diajak serius dan tahu kapan waktunya becanda.
Bule suka sama orang yang apa adanya dan gak dibuat-buat. Mempunyai prinsip yang tegas dan gak plin plan.


Bule merupakan cerminan wanita masa kini, cerdas,penuh potensi,memiliki semangat untuk maju,terbuka,dan pantang menyerah.
(Halah halah... kayaknyaa gua terlalu banyak muji lo deh wakakakaka)


Tulisan ini tercetak tanpa gambar dikarenakan proses perizinannya yang berbelit-belit. Belum tentu juga tulisan ini akan termuat di blog ini. Semua tergantung ijin dari Bule.
Dan setelah melalui revisi berkali-kali akhirnya post ini berhasil published.
(Yaelah Le... mau nulis tentang kamu saja kayak nulis keluarga Cendana, hikz tapee deech.)


Buat Bule, thanks atas ijinnya hingga postingan ini berhasil published.
Tetaplah menjadi diri lo sendiri. Nikmati saja jadi Bule yang apa adanya.
Makasih sudah jadi temen yang menyenangkan,temen yang gak cuma mau didenger tapi juga mau mendengarkan.
Thanks.


©nick tiga benua©

"Mabok Detergent"



Mabok biasanya disebabkan karena minuman keras atau keracunan, ada juga yang dikarenakan perjalanan yang panjang, seperti mabok darat, laut,dan udara. Tapi pernahkah anda mendengar mabok detergent?



Photo di atas didapatkan nara sumber kami sebagai bukti bahwa yang namanya mabok detergent itu ada.


Adapun penyebab utamanya adalah:

-terlalu banyak penggunaan detergent pada saat mencuci.
-terlalu banyak cucian yang musti dikucek
-terlalu lama nyungsep di dalam ember rendaman cucian.


Gejala terkena mabok detergent sbb:
-kepala pusing.
-gigi kuning.
-badan kurus kering.
-mata sayu.
-pandangan kosong.
-kata-katanya ngelantur gak jelas.


Pencegahan:
-gunakan detergent secukupnya pada saat mencuci. Di dalam detergent terkandung zat-zat yang berbahaya buat bumi kita. Usahakan memakai detergent yang ramah lingkungan.
-cucilah pakaian anda dengan segera, jangan tunggu sampai cucian menumpuk. Terdapat rumor kalau terlalu banyak cucian yang ditimbun dapat menyebabkan polusi udara.
-jangan sekali-sekali meminum air bekas rendaman cucian, bahkan air bekas bilasan pun jangan sampai terminum.


Penanganan penderita mabok detergent:
-berikan secangkir kopi manis sambil pijit-pijit halus pundaknya.
-berikan satu gelas es kelapa muda.
-hubungi dokter terdekat.


*catatan*
-mabok detergent bukanlah penyakit menular dan penyakit keturunan.
-jangan kucilkan penderita mabok detergent.
-mabok detergent dapat menyebabkan kematian,maka kenalilah gejalanya sejak dini.






Model: Zannu

Achot



Famous username: achot



Other username:
- chota
- choty
- achoteuy
- sigesitirit
- salpen
- niea
- mayatidoep
- achot-2008
- and many more..



A/S/L: 23 male Depok, Jawa Barat, Indonesia



Description:
Jangan lihat usianya yang masih muda.
Jangan pula lihat tampangnya yang langka.
Jangan lihat jenggotnya yang mirip kambing Haji Rojali.
Jangan lihat niknya yang gak karuan.
Hayah apaan sih. Mending gak usah dilihat saja deh, wakakakaka.


Biarpun muda, tapi Achot punya pemikiran yang dewasa.
Biarpun bertampang langka tapi Achot memiliki kreativitas yang luar biasa.


Achot alias Nurhady, memiliki selera humor yang tinggi, pinter dan gak pernah pelit buat bagi-bagi kepinterannya.
Dari Achotlah aku banyak menimba ilmu, dari bagaimana memaksimalkan hp, sampe gimana cara ngegaet cewe pun dia mau bagi-bagi tips & tricknya (wekekeke kok masih jomblo om?)


Semua trik-trik di reporo dia ajarkan padaku, dari gimana cara register (hkhk maklum aku mah gaptek) sampai cara ngeplud, wekekeke.
Pertama kali kenal di reporo, dengan jurus sok kenalku, aku manggil Achot pakai sebutan 'mbak' wakakaka tahu deh dulu dia kayak apa waktu aku panggil mbak.


Achot punya konter hp kecil-kecilan di Depok, sesekali ngojek sebagai tambahan penghasilan (ckikiki yang ini diragukan kebenarannya).
Punya hobby datengin acara syukuran di rumah tetangganya,hkhk lumayan buat ngurangin jatah makan Nur, wekz!
(Eh denger-denger di konter ente ada pocongnya ya? Weh asik donk gak perlu bayar orang untuk nungguin, hkhkhkhk)


Dari pertama kenal sampai sekarang dia masih chat pake Soner k300i-nya yang jempolan, wekekeke biarpun joystick sering error yang penting tetep enjoy. (hkhk padahal udah pengen banting hpnya, apalagi kalo nginjek iklan atau mental ke gay room)


Biarpun masih muda,tapi aku kagum sama pemikiran dia yang dewasa, hehehe malah sempat mikir Achot itu sudah tuir. Aku juga kagum sama semangat dia dalam memandang dan menjalani hidup.
Pekerja keras, ulet,dan pantang menyerah. Inilah yang membuatku kagum pada sosok Nurhady.


Oke Nur, lanjutkan perjuangan kamu menaklukkan dunia, perjalanan masih panjang, dan tantangan selalu ada untuk dijinakkan.
Jangan pernah ada kata menyerah.
Sukses selalu buat kamu Nur.
Makasih dah jadi sodaraku yang te o pe be ge te.
Mohon mangap kalau ada salah-salah kata, wekekeke.
Semoga tali silaturahmi yang terjalin utuh selalu.

Thanks..


>>sabar adalah kunci<<

Manusia Sisa sisa

Saat kau bosan denganku,
itu karena diriku yang menjemukan.
Saat kau lelah denganku,
semua karena sikapku yang menyebalkan.
Dan saat kau tinggalkanku,
itu karena aku tak pantas buatmu.


Apalah arti sampah kering yang terbakar,
diriku tak 'kan mampu indahkan peraduan cintamu.
Aku hanyalah manusia sisa-sisa,
arti diriku tak ada lagi buatmu.
Jangankan membuatmu bahagia,
hadirkan senyum di hatimu pun aku tak mampu.

Sudah sepantasnya aku kau tinggalkan,
kurasa wajar kau cari apa yang kau damba.
Dan sudah semestinya kau tinggalkanku,
karena itu untuk kebahagiaanmu.
Aku tak layak buatmu,
karena diriku hanya sisa-sisa.

Jamal Musthofa


Famous username: littleMynah


Other username:
-sumpah_ini_mynah
-golonk
-rey0g
-and many more..


A/S/L: 26 male Ponorogo, Jawa timur, Indonesia


Description:
Inilah satu2-satunya orang yang memaksa aku untuk mengupload profilenya di halaman ini, wekekekeke.
Sumpah aku sebenernya males post tentang Mynah, hkhk tapi berhubung Mynahnya ngancem mau ngobrak-abrik blog ini,yaaa dengan terpaksa aku upload aja. Hehehe guyon lho Mal.

Mynah seorang pengusaha muda,punya bisnis properti dan aktif di IRCAS (Institute for Religion and Cultural Studies).
Bangga sebagai orang Ponorogo dan memiliki rasa nasionalisme yang tinggi. Wekz denger-denger sih Mynah ini anaknya Warok.


Aku dan Mynah punya hubungan yang unik, kalau di room selalu saja saling ledek & saling hina, hkhkh orang yang gak tahu jadi ngira kami ini musuhan, padahal aku sama Mynah cuma becanda aja, hehe.
Kalau ngobrol di private Mynah bisa diajak ngomong serius, enaklah buat diajak sharing tentang hidup dan kehidupan


Mynah punya opini kalau orang yang demen banget chat pasti bermasalah sama kehidupan realnya. Aku sih sependapat sama Mynah, hkhkh aku akui hidupku memang bermasalah, hehe dan chat adalah salah satu cara buat lari dan melupakan sedikit problematika hidup yang tak kunjung selesai.


Diem-diem Mynah ini juga seorang penulis. Tulisannya tentang reyog menghiasi halaman koran-koran daerah, hehe biarpun belum masuk harian nasional tapi lumayanlah buat nambah isi kantong (sayang aku gak pernah kecipratan honornya)


Makasih sudah mau repot-repot kirim potonya, hehe maap ya ente jadi dua kali kirim potonyaa, maklum aja aku kan wong ndeso plus gaptek.
Thanks sudah menjadi temen becanda yang asik, maap juga kalau aku becandanya sering kelewatan.
Sukses buat usaha kamu kang, hehe seperti yang orang-orang bilang, berdo'a dan berusaha. Kalau pun masih belum berhasil berarti masih ada yang kurang, entah do'a kita yang kurang kusyu' atau usaha kita yang kurang keras. Jangan pernah menyerah, dan jangan pernah merasa gagal.

Maturnuwun.


¤¤mynah slenco¤¤

Sinbi



Famous username: sinbi


Other username:
- hellen
- cinby
- diansandra
- and many more..


A/S/L: 21 f Jepara, Jawa Tengah, Indonesia.



Description:
Dian Sandra, cewek yang berdomisili di Mlonggo Jepara ini lucu banget anaknya. Sering iseng godain orang, hehe jailnya gak ketulungan.
Saat ini Dian sedang sibuk kuliah, dia juga sibuk kerja part time di Depdiknas Jepara, hikz gak cape tuh mondar-mandir Pati - Jepara/

Aku kenal sama Dian sudah lama, awalnya kenal sama kakaknya yang chat di reporo. Hkhk kakaknya mundur teratur dari reporo gara-gara Dian ikutan juga nimbrung di reporo.
Duh dulu kayak nemu durian sekarung pas pertama kenal sama Dian, hehehe soalnya jarang bisa ketemu sama orang yang kotanya saling berdekatan. Maklum dulu reporo masih sepi, kebnyakan yang chat di reporo dari luar Jawa.

Aku juga sudah penah ketemuan sama Dian, anaknya asik & rame, hehe cerewet banget euy. Kapan neh  jalan-jalan ke pantai lagi? hehehe.

Aku ucapin banyak-banyak terima kasih untuk Dian yang sering bantuin aku. Hehehe jangan pernah kapok aku repotin yak.
Sukses untuk study & karier kamu.
Terima kasih atas persaudaraan yang terjalin di antara kita.. Salam untuk Lukman ''freakyboy'' dan seluruh keluarga.
Thanks


''ma ismuka''

Hermas



Famous username: princeghost


Other username:
- hrmsy
- masher
- ghostAkon
- and many more..


A/S/L: 25 male Jakarta,Indonesia


Description:
Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya jangan ikut gila.... wakakakaka
Friendly,care,suka sama yang berbau horor, tukang ngambek, pinter, lucu, pokoknya enak deh buat dikerjain ckikiki..

Hermas sudah jarang onlen di reporo, tapi kalau pengen ketemu dia selalu standby di YM.
Kalau kalian pernah ke room kuburan, gak afdol kalau gak tahu siapa yang bikin itu room. Yup Hermaslah orang yang bikin room kuburan. Room invite yang rame pengunjung dan bertahan lama di reporo.
Room yang mulanya dibuat untuk saling share cerita-cerita serem, tapi akhirnya malah jadi tempat untuk pacaran, hikz ini yang bikin Hermas sewot dan ngambek.

Tiap ketemu sama Hermas, selalu saja obrolannya jadi gak jelas, hehe sebenernya sih aku yang mulai gak jelas, hkhkh seneng sih lihat dia jadi sewot. Hehe yang jelas Hermas orang yang nyenengin, cocok diajak becanda dan ledek-ledekan.

Wah kapan ya ketemu Hermas lagi, kangen mau denger cerita seremnya. Hkhk kangen lihat Hermas ngambek kalau ceritanya gak didengerin. Ckikiki room kuburan sudah kayak komedi misteri aja, serem tapi lucu.

Buat Hermas, thanks atas support dan masukan yang sudah kamu kasih bro. Hehe aku tunggu ente ngeroom lagi bro.

Thanks.

--wahai 24--

Fikz



Famous username: fikz


Other username:
- fikz07
- fikz_
- loxado
- tingang
- and many more..

A/S/L: 27, m, Muara Teweh, Borneo, Indonesia


Description: sesepuh reporo yang sudah bangkotan menghuni rum asia,hehe putra Dayak asli ini sangatlah friendly, dia gak memandang anak baru atau lama,semua disambutnya dengan tangan terbuka.

Fikz sudah lama banget malang melintang di dunia reporo, dari jaman reporo jadul yang belum ada menu space dia sudah ada.

Punya hobi ngecengin cewe-cewe reporo buat dikujumin dan nguber bule-bule janda wakakaka. Orangnya sangat perhatian jadi gak heran kalo cewe-cewe pada nempel.

Sempat ngajarin aku bahasa Dayak, hehehe cuma gurink doank yang aku ngerti. Hkhk sekarang sudah gak diajarin lagi deh, males kali Fikz ngadepin aku yang sulit nangkepnya.

Fikz punya banyak fans di reporo, kalo dia onlen pasti langsung diuber-uber sama fansnya. Kebanyakan sih pada mau nagih utang,wakakakaka woe kalo ngutang jangan lupa bayar dunk!!! Ada satu fans berat Fikz, namanya 'Sasa' wakakaka kalo ktmu Fikz bilang saja dicari Sasa,ckikiki

Dia sudah agak jarang onlen, bukan karena gak ada pulsa atau apa, tapi memang sudah dilarang onlen sama Polwannya, ckikiki jadi kalau onlen musti ngumpet-ngumpet dan seringan mendadak out.

Makasih banget yah, sudah mau jadi temenku, dan mau jadi temen sharing yang asik dan selalu kasih support di kala aku down.
Thanks banget atas perhatian yang diberikan selama ini. Biarpun jauh di sana, tapi kita tetaplah sodara.
Thanks.


''WOE awas polwan''

Zannu



Famous username: zannu


Other username:
-thoiletbertingkat

-gajahpenyedotoilet

-articulate

-anakletus

-unnaz

-umbelmunggilani

-taskresek

-airliurdibantal

-pipoledheng

-kulibangunan

-lantailicin

-*maaf halaman ini tidak dapat memuat semua nick zanu, post by blogger team*


A/S/L: 21, male, Timika, Papua, Indonesia.


Description: seorang pemuda yang bercita-cita mulia menjadi kuli bangunan, tapi akhirnya terdampar di kedalaman bumi Papua cuma buat ngencengin baut-baut yang kendor,wekekeke,

Zannu Alfathony, lahir dan besar di Malang, seorang Aremania sejati, kerja di tanah Papua di PT.Trakindo, yang bergerak di pertambangan. Wekz jangan lihat wajahnya yang kayak copet habis keluar dari sel loh, Zannu itu seorang mekanik handal. Taat kepada kedua orangtua,terlebih pada emak tercinta.


Selain chating,Zannu punya hobby miara ayam buat ngisi waktu senggangnya.
Wekeke semua ayamnya punya nama sendiri-sendiri, bahkan Zannu lagi ngurus akte di kecamatan buat nama ayam-ayamnya,wekhekehke.
Ada satu ayam jagonya yang hobby banget ngejar-ngejar betina, dan sialnya ayam itu dikasih nama 'Cuit' *asemik* ,hayah malah ngomongin ayam.

Kita tinggalin dulu ayam-ayam Zannu,wekehkew.. Zannu itu punya kebiasaan aneh,suka ganti-ganti nik,hkhkh dan semua niknya gak satu pun yang beres wekekeke semuanya hancur, dijamin nggilani dan menjijikkan wuekz.. Tapi itu udah jadi trademark Zannu, nik-nik lucu dengan kesan sedikit jorok hehe.. Salut deh buat idenya yang gak pernah mati.

Zannu orangnya lucu, kalo di rum sukanya becanda, semua cewe-cewe di asia dikejar sama dia, hkhk dah gitu Zannu juga pantang menyerah, apalagi buaat ngejar juragan rambutan,wakakakaka dan hebatnya dari semua cewek yang dikejar Zannu di reporo secara aklamasi dan tegas mereka menyatakan menolak Zannu,wakakaka *apes tenan kamu Zan*

Meskipun hobby becanda, Zannu juga moody orangnya, wew suka sensi abis, gak tau juga ya mungkin lagi banyak masalah kali. Hkhk kalo lagi ngambek malah tambah lucu deh wekz.

Thanks ya Zan, hadirmu di reporo bisa menghibur aku dan user-user yang lainnya. Teruskan cita-citamu menjadi kuli bangunan yang taat pada kedua orangtua wekekeke. Jangan cepet nyerah kalo gprsmu lagi trouble. Kami semua menantimu.
*hikz moga kamu gak tersinggung sama postingan ini Zan* maaf yak sebelumnya

Maturnuwun


''isin aq''

Settingan Email di Hape Dengan Account Yahoo

Untuk orang seperti aku yang gaptek dan gak tau gimana gunain PC pasti males deh buat kirim-kiriman email. Aku juga dulu kek gitu, punya hp ada menu email di messagingnya tapi gak tau gimana cara gunainnya, tepatnya sih gak tau gimana nyetingnya.
Kalo yang pake hp dengan operating system berbasis symbian mungkin bisa melakukan setting email degan aplikasi setting wizzard, tapi pengguna hp java musti melakukannya secara manual.
Daripada ribet musti dunlud aplikasi buat kirim-kirim email,mendingan dicoba aja setting sendiri email di hape anda. Lumayan mumpuni lah, bisa kirim dan terima attachment,tarifnya juga lebih murah dibanding MMS hehe.
Kalo mau email hp anda aktif syaratnya sbb:

* punya akun Yahoo.
* inget password Yahoo anda
* gprs sudah aktif
* dan yang terpenting,anda punya hp yang support email :p
*oops jgn lupa pop3nya diaktifin juga yak.

Berikut langkah yang musti dilakukan:
* ke menu messaging
* ke menu email
* lanjut ke setting

Isikan settingan berikut ini:
>>> jika akun anda Yahoo International (@yahoo.com)
>account name: isi sesuai selera
>connect using: operator yang anda pake
>email address: alamat email kamu(hanya_contoh@yahoo.com)
>connection type: imap4
>incoming server: imap.next.mail.yahoo.com
>username: username email anda (hanya_contoh)
>password: ******
>outgoing server: smtp.mobile.mail.yahoo.com
>incoming port: 143
>outgoing port: 25
**NOTES
-Untuk advance setting anda bisa diisi sesuai selera anda.
-incoming port dan out going port di hape nokia di sett off


>>> Jika akun anda Yahoo Indonesia (@yahoo.co.id)
-pada dasarnya settingannya sama saja,perbedaannya sebagai berikut:
>connection type: pop3
>incoming server: pop.mail.yahoo.co.id
>outgoing server: smtp.mail.yahoo.co.id
>incoming port: 110
>outgoing port: 25

Sederhana sekali kan? Hehe selamat mencoba deh.
>>go fly into nu_SKy<<



























Keping Memory


Dan kini...
Yang tersisa hanya wangi tubuhmu,
dan sekeping kenangan bersamamu.


Saat-saat kau tak menemaniku,
di mana tak kuciumi lagi harum rambutmu,
dan tak kurasakan lagi halus kulitmu,
memory itu kan mengganti hadirmu.



Sebuah kenangan indah..
Tentang aku dan kamu.


Biarpun panas sang surya terus menerpa,
meskipun hujan menghajar dengan lebat,
dan waktupun lambat berganti,
tak sekalipun kulepas memory itu.



Kepingan kenangan itu..
Kupeluk erat,
akan kujaga sampai aku mati,
kusimpan aman...


Dalam memory pemberian Tuhan.

Vadelll


Famous username: glue


Other username:
- superGlue
- glueftdark
- darkftglue
- `repot`loe
- lem
- cutlem
- and many more...


A/S/L: 26, male, Blangbintang, Nangroe Aceh Darussalam, Indonesia.


Description:

Cutlem,yang dalam bahasa aceh berarti abang/kakak. Yup seperti layaknya seorang kakak. Glue memiliki kebijaksanaan,tegas namun tidak kaku.

Vadelll.. Lelaki cerdas dengan selera humor tinggi. Jago komputer dan jago ngumpet buat kujum wekekeke. Bekerja di dunia perbankan dan punya hobby makan rujak *wew jadi ngiler neh soalnya denger-denger rujak Blangbintang enak banget* Sering nongkrong di warung kopi hkhkhk tapi sering sakit kalo kebanyakan begadang,hikz

Akhir-akhir ini dah jarang ketemu di asia, gak tau deh sibuk kujum apa emang gak ada waktu buat onlen. Menurut isu terakhir yang berhembus dia lagi konsen mau buka usaha. Hehe mau usaha dapetin anak orang ya bro? Wakakaka. Menurut info yang terpercaya kebenarannya sih, Glue baru aja jual hape.. Hikz kapan onlen ageh bro?

Vadelll tempatku bertanya hal-hal yang sulit kumengerti,tempatku belajar bahasa Aceh hehe kali aja jodohku dari Aceh :D wekeke,tapi masih belum bisa juga neh aku..hkhk cuman tau peu haba sama haba get doank,ckikikiki yang bego gurunya apa muridnna neh?

Teremong geunaseh bro *wew bener gk tu spelling nya* dah mau sabar jawabin pertanyaan-pertanyaanku. Sukses buat kamu ,semoga tercapai apa yang kamu rencanain dan yang kamu usahain. Maaf kalo aku sering ngerepotin kamu.
Thanks.


-- yaaaank dah mam blm? --